Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL GENTA MULIA

BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Mardhatillah (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Verawati (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Evi Evianti (Universitas Negeri Medan)
Isda Pramuniati (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris interaktif berbasis kearifan lokalmelalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa SMP di Aceh Besar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development. Model pengembangan produkpembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis danmemenuhi karakreristik siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang telah dilakukan (1) Hasil analisis bahan ajarbahasa Inggris menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut merujuk pada standar BSNP (Badan Standar NasionalPendidikan) dengan nilai rata-rata 2,87 artinya layak untuk digunakan namun perlu untuk dikembangkan, (2)Hasil analisis bahan ajar bahasa Inggris yang dikembangkan merujuk pada standar BSNP dengan nilai rata-rata3,68 artinya sangat layak untuk dipergunakan, (3) Tanggapan guru bahasa Inggris terhadap bahan ajar bahasaInggris yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata 3,73 menunjukkan bahan ajar sangat layak untukdigunakan, (4) Tanggapan siswa terhadap bahan ajar bahasa Inggris yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata3,79 menunjukkan bahan ajar sangat layak untuk dipergunakan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...