Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video scribe dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas enam sekolah dasar di Kabupaten Bangka Selatan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video scribe lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tanpa berbantuan video scribe; (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang aktif dengan siswa yang pasif; (3) Hasil belajar siswa yang aktif memiliki kecenderungan yang lebih tinggi apabila diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video scribe dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tanpa berbantuan video scribe. (4) Hasil belajar siswa yang aktif memiliki kecenderungan lebih tinggi ketika diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video scribe dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tanpa berbantuan video scribe. (5) tidak terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran CTL dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran IPA di SD Negeri 28 Toboali. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan aktivitas siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 28 Toboali.
Copyrights © 2023