Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model dari Kemmis dan McTaggart, yang memiliki empat tahap dalam setiap siklusnya, yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan datanya diperoeh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan pre test. Populasi data diambil dari siswa SLB N Brebes dengan ruang sampel 3 orang siswa SDLB dengan jenis hambatan tunagrahita ringan kelas 5. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Pop Up Book dapat meningkatkan kemampuan peningkatan prestasi belajar “operasi hitung penjumlahan bilangan bulat” di sekolah dasar SLB N Brebes. Dari observasi di SLB N Brebes kelas 5 semester genap diperoleh tingkat aktifitas dan hasil belajar matematika siswa dalam belajar mengajar matematika cukup baik. Dari aktivitas yang diperoleh data awal diperoleh presentase 1) siswa aktif bertanya saat pembelajaran 45%. 2) siswa aktif mengerjakan tugas didepan papan tulis 53%. 3) siswa mampu menjawab pertanyaan langsung dari guru 56%. Di tinjau dari hasil belajar siswa, 60% siswa yang memenuhi standar penilaian KKM. Sesudah melakukan penerapan media pembelajaran Pop Up Book siswa megalami peningkatan dalam pembelajaran matematika. Berikut hasil prosentase data awal setelah menerapkan media pembelajaran Pop Up Book sebagai berikut : 1) siswa aktif bertanya saat proses pembelajaran dari 45% menjadi 85%, 2) siswa aktif mengerjakan tugas didepan papan tulis dari 53% menjadi 87%, 3) siswa mampu menjawab pertanyaan langsung dari guru, dari 56% menjadi 86%
Copyrights © 2023