Biofarm : Jurnal Ilmiah Pertanian
Vol 19, No 1 (2023): BIOFARM JURNAL ILMIAH PERTANIAN

Repellensi dan Toksisitas Minyak Atsiri Daun Kirinyuh (Chromolaena odorata (L.) King & Robinson) terhadap Sitophilus oryzae L.

Dea Rumambi Sinaga (Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh)
Hendrival Hendrival (Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh)
Khaidir Khaidir (Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh)
Hafifah Hafifiah (Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh)
Novita Pramahsari Putri (Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh)
Muhammad Muaz Munauwar (Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Hama kumbang bubuk beras, Sitophilus oryzae (Coleoptera: Curculionidae) merupakan hama primer pada serealia di penyimpanan dengan kehilangan hasil mencapai 70%. Teknologi pengendalian alternatif yang lebih ramah lingkungan yaitu penggunaan minyak atsiri daun kirinyuh.  Penelitian bertujuan mempelajari pengujian aktivitas repellensi dan toksisitas minyak atsiri daun kirinyuh imago S. oryzae. Konsentrasi minyak atsiri daun kirinyuh yang diuji yaitu 0,25, 0,5, 1, 2, 4% (v/v) dan kontrol. Percobaan diulang sebanyak tiga kali. Metode residu pada kertas saring digunakan untuk pengujian aktivitas repellensi dan toksisitas minyak atsiri daun kirinyuh. Hubungan konsentrasi minyak atsiri daun kirinyuh dengan mortalitas imago S. oryzae ditentukan dengan analisis probit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri daun kirinyuh menyebabkan repellensi dan mortalitas imago S. oryzae bersifat terpaut konsentrasi. Aktivitas repellensi dan kematian imago pada konsentrasi 0,25–4% mencapai > 50%. Nilai LC50 minyak atsiri daun kirinyuh pada 2–7 hari setelah aplikasi berkisar antara 1,71– 0,22%. Hasil ini menunjukkan bahwa minyak atsiri daun kirinyuh dapat dimanfaatkan untuk pengendalian imago S. oryzae pada produk serealia yang disimpan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biofarm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

BIOFARM Jurnal Ilmiah Pertanian merupakan jurnal ilmiah yang berisikan hasil penelitian dan kajian teoritis mengenai masalah-masalah pertanian secara luas (agrokompleks) di Indonesia diterbitkan oleh Fakultas Pertanian Universitas ...