Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
Vol 5 No 1 (2023): Jurnal BELAINDIKA

Budaya Literasi di Perpustakaan Sekolah Memegang Peranan Utama Terhadap Hasil Belajar Siswa

Utomo (Unknown)
Asma Azzahra (Universitas Nusa Putra)
Puji Lestari (Universitas Nusa Putra)
Rizqina Maulida (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rutinitas membaca di perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Muhammad Al-Unaizy Sukabumi, serta bagaimana peran aktif para guru untuk meningkatkan hal tersebut dengan mengimplementasikan etika profesi. Jenis penelitian yang digunakan untuk menyusun jurnal ini bwrupa deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Tujuan SD Muhammad Al-Unaizy mengadakan kegiatan rutinitas kunjungan ke perpustakaan sekolah bagi siswa dapat terealisasikan dengan maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca termasuk membawa pengaruf positif, sebanyak 8 siswa masuk dalam kategori Berkembang (B) dan 2 siswa masuk dalam kategori Perlu Bimbingan (PB) dengan perkembangan yang pesat dari bulan sebelumnya. Pengaruh positif yang terjadi juga didorong oleh peran guru dalam menerapkan kualifikasi kompetensi yang merupakan salah satu tolak ukur pencapaiannya menjadi pendidik yang profesional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

belaindika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the ...