Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
Vol. 14 No. 1 (2023): Maret

Penggunaan Media Gambar Seri dalam Melatih Keterampilan Menulis Laporan Sederhana Siswa MI Kelas Rendah

Syamsudin Syamsudin (STAI Al-Fithrah Surabaya)
Abdulloh Hanif (STAI Al-Fithrah Surabaya)
Ira Rofida (STAI Al-Fithrah Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

 Artikel ini merupakan hasil observasi terkait dengan kurangnya minat siswa dalam menulis serta siswa kesulitan dalam mendeskripsikan sesuatu. Hal ini terlihat ketika siswa mendapat tugas untuk membuat laporan berdasarkan pengamatan pada sebuah gambar. Siswa kesulitan dalam menuangkan buah pikirannya, hanya menulis benda-benda yang ada dalam gambar dan belum mampu membuat sebuah kalimat yang baik. Untuk itu, guru perlu membiasakan siswa dengan kegiatan menulis deskripsi dan menjadikan kegiatan menulis deskripsi sebagai suatu hal yang menyenangkan untuk mencapai standar kompetensi keterampilan menulis laporan sederhana dan menumbuhkan budaya menulis deskripsi pada siswa. Hal tersebut diperlukan proses pembelajaran yang menyenangkan yakni dengan menerapkan sebuah media pembelajaran yang menyenangkan, salah satu media yang dapat digunakan adalah media gambar seri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, metode kuantitatif ialah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen atau pre-experimental. Rancangan yang digunakan adalah “One Group Pretest-Posttest Design”. Hasil penelitian penggunaan media gambar seri efektif dalam melatih keterampilan menulis laporan sederhana siswa MI kelas rendah. Hal ini ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran menulis laporan sederhana melalui media gambar seri menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu lebih tinggi 87,58 dibanding dengan pretest atau sebelum dilaksanakan perlakuan yakni 55,41. Berdasarkan uji t test, t hitung > t tabel atau -  13,5 > 1,714 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan media gambar seri efektif dalam melatih menulis laporan sederhana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attanwir

Publisher

Subject

Religion

Description

Fokus 
Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang kajian keislaman dan pendidikan , baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. 
Ruang Lingkup 
Berisi kajian-kajian keislaman dan ilmu ...