PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol. 7 No. 1 (2023): APRIL 2023

HUBUNGAN ANTARA KINERJA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. SAM RATULANGI TONDANO

Anita Mamuaya (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, Manado1)
Fatimawali Fatimawali (Bagian Farmakologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi, Manado)
Greta J. P. Wahongan (Bagian Parasitologi, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Rumah Sakit diharapkan memahami kebutuhan pasien yang memberikan kepuasan kepada penerima pelayanan di rawat jalan. Kualitas pelayanan bukan hanya berkaitan dengan kesembuhan dan keselamatan pasien namun menyangkut indeks kepuasan yang dirasakan oleh pasien terhadap kinerja pelayanan yang dilakukan sesuai dengan survei kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara sistem, mekanisme, dan prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, kompetensi pelaksanan pelayanan, serta sarana dan prasarana dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Sam Ratulangi Tondano. Desain penelitian ialah observasional analitik dengan menggunakan cross sectional study. Penelitian dilaksanakan di RSUD Dr. Sam Ratulangi Tondano dengan jumlah sampel 347 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis bivariat (chi-square) dan melihat nilai odds ratio yang ada. Hasil analisis bivariat uji chi square variabel sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan dengan kepuasan pasien diperoleh nilai ? (0,045) nilai OR (3,7), sehingga dinyatakan terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Variabel waktu penyelesaian pelayanan dengan kepuasan pasien diperoleh nilai ? (0,000) nilai OR (16,7), sehingga dinyatakan terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Variabel kompetensi pelaksana pelayanan dengan kepuasan pasien dipeoleh nilai ? (0,004) nilai OR (8,5), sehingga dinyatakan terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Variabel sarana dan prasarana dengan kepuasan pasien diperoleh nilai ? (0,028) nilai OR (4,0), sehingga dinyatakan terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prepotif

Publisher

Subject

Public Health

Description

PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat adalah bidang kesehatan yang luas seperti kesehatan masyarakat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Epidemiologi, keperawatan, kebidanan, kedokteran, farmasi, psikologi kesehatan, nutrisi, teknologi kesehatan, analisis kesehatan, sistem informasi kesehatan, hukum ...