Penelitian ini mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan tentang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring (pembelajaran melalui media online) pada masa darurat Covid-19 di SMK Ma’arif NU 1 Rawalo menggunakan teori dari Marille S. Grindle. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: a) Pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Ma’arif NU 1 Rawalo kurang efektif. b) Siswa kurang maksimal dalam memanfaatkan waktu dan alat elektronik untuk belajar. c) Meningkatnya kemampuan guru dalam penggunaan alat elektronik untuk membuat materi pembelajaran berbasis TIK. d) Terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring, seperti: kemampuan dan kemauan guru dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi; kurangnya dukungan alat elektronik yang dimiliki siswa; menurunnya minat belajar siswa; dan jaringan koneksi internet yang kurang stabil.
Copyrights © 2023