Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 3, No 2: Mei 2015

PENGARUH SERTIFIKASI DAN KINERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

Khairul Azwar (Unknown)
Yusrizal . (Unknown)
Murniati AR (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Abstract: Teacher certification program is a government program as an effort to obtain professional teachers. The government expects that the certification improve teacher performance and the national education quality especially student learning outcomes. The general objective of this study was to find out to what extent the certification and teacher performance influence student learning outcomes in SMPN 2 Banda Aceh State Junior High School. The specific objectives of this study was to describe (1) the influence of the certification on the improvement of student learning outcomes in SMPN 2 Banda Aceh State Junior High School and (2) the influence of the teacher performance on the improvement of student learning outcomes in SMPN 2 Banda Aceh State Junior High School in planning and implementing learning process. This study used descriptive design with qualitative approach that focused on correlation of the variables, that is teacher certification (X1), teacher performance (X2), and learning outcomes (Y). Population of this study was all teacher in SMPN 2 Banda Aceh State Junior High School while samples were teachers who have had the certification. Data were collected through questionnaire, observation, and documentation. Data from questionnaire that have been scored for teacher certification and performance then were processed by using statistic method. The results showed that there was significant correlation of teacher certification and performance with the student learning outcomes, that is (1) there was positive influence of the teacher certification on student learning outcomes and (2) there was positive influence of the teacher performance on student learning outcomes.Keywords: The Influence of Teacher Certification and Performance.Abstrak: : Program sertifikasi guru merupakan program dari pemerintah sebagai upaya untuk mendapatkan guru yang profesional. Dengan adanya sertifikasi guru, pemerintah berharap kinerja guru akan meningkat dan pada gilirannya mutu pendidikan nasional akan meningkat pula terutama hasil belajarsiswa. Adapun tujuan umum penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pengaruh sertifikasi dan kinerja guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pengaruh positif sertifikasi guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh. (2) Pengaruh kinerja Guru Sertifikasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berfokus pada pengungkapan hubungan antar variabel, yaitu Sertifikasi Guru (X1) Kinerja Guru (X2) dan Hasil Belajar (Y).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Sedangkan sampel guru-guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. dan Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan dalam penelitian ini adalah data hasil kuisioner yang telah diberi bobot untuk sertifikasi dan kinerja guru yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh, yang selanjutnya diolah dengan metode statistik. Hasil penelitian meninjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antar asertifikasi dankinerja guru terhadap peningkatan hasil belajar yaitu (1) Terdapat pengaruh yang positif antar asertifikasi guru terhadap hasil belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang positif antara kinerja guru terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci : Pengaruh Sertifikasi Dan Kinerja Guru.

Copyrights © 2015