Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2023)

Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis STEM Menggunakan Bantuan Mind Mapping terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif

Vina Yuniar (SMP IT Subulul Huda Kembangsawit Ponorogo)
Sofwan Hadi (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik serta untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbasis STEM menggunakan bantuan Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Quasi Experimental merupakan metode penelitian yang akan digunakan pada penelitian kali ini. Desain penelitian menggunakan Pos test only Control Groub Design. Sampel berjumlah 65 peserta didik, 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data penelitian dimbil melaui observai dan tes kemampaun berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik dengan model pembelajaran PBL berbasis STEM menggunakan bantuan Mind Mapping dalam kategori baik, pembelajaran sudah dilaksanakan efektif sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Hasil menunjukkan bahwa data yang diperoleh telah normal dan homogen. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-test diketahui bahwa nilai signifikansi hasil Post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 yang mana nilai signifikansi two-tailed 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran (PBL) Problem Based Learning berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) menggunakan bantuan Mind Mapping dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dan hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas ekperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...