Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 2, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA KONFIGURASI ELEKTRON

Siti Mustatiroh (Sekolah Menengah Kejuruan Sore 1 Ponorogo)
Army Auliah (Universitas Negeri Makassar)
Agustinawati Agustinawati (Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Upaya untuk meningkatkan hasil belajar Kimia salah satunya adalah dengan penerapan model Pembelajaran Prblem Based Learning ( PBL) .Untuk mengetahui hasil belajar kimia dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TBSM SMK Sore 1 Ponorogo sebanyak 15 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. KKM untuk mata pelajaran Kimia bagi peserta didik adalah 70. Metode yang digunakan adalah diskusi dan dengan pendekatan Saintifik-TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi diakhir pembelajaran di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa dengan penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan 40%, nilai rata-rata pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 76 dengan ketuntasan 73% dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 84 dan ketuntasan mencapai 100%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...