Interpretasi grafik merupakan salah satu bagian yang penting dalam mempelajari sains. Interpretasi grafik merupakan bagian dari representasi yang menunjukkan pemahaman konseptual siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan interpretasi grafik siswa SMA pada materi kinematika gerak satu dimensi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang melibatkan 843 siswa dari 34 sekolah yang tersebar di Provinsi Banten dan Jawa Barat. Pengumpulan data kemampuan membaca dan menginterpretasikan grafik kinematika diperoleh melalui tes objektif berbentuk two-tier multiple choice. Analisis dilakukan dengan melihat respon siswa pada instrument tes yang digunakan. Secara keseluruhan kemampuan interpretasi grafik siswa SMA kelas X pada materi kinematika masih sangat rendah, baik untuk interpretasi grafik kecepatan fungsi waktu, posisi fungsi waktu, maupun percepatan fungsi waktu. Kemampuan paling rendah diantaranya terkait penentuan kecepatan sesaat dari grafik posisi fungsi waktu dan penentuan perubahan kecepatan dari grafik percepatan sebagai fungsi waktu.
Copyrights © 2023