Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen, populasi penelitian yaitu seluruh siswa MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka yang berjumlah 320 orang dengan sampel 60 orang siswa yaitu 30 siswa kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII dan 30 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VII. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian terdapat pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka.kelompok kontrol mencapai kategori rendah dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.
Copyrights © 2023