Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 11, No 4 (2022)

Menentukan Konsep Harmony in Diversity sebagai Upaya Branding Internasionalisasi ITS

Hilrian Anggi Pramana (Departemen Desain Interior, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Nanik Rachmaniyah (Departemen Desain Interior, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sudah mendapat predikat World Class University (WCU). Keberhasilan tersebut hasil dari upaya ITS dalam memenuhi kriteria sebuah kampus berstandar Internasional yang dibuat oleh lembaga pemeringkatan yang ada di seluruh dunia. Dari sekian banyak lembaga pemeringkatan yang ada hanya sedikit yang menilai kampus dari aspek kondisi internal seperti kualitas fasilitas kampus. Direktorat Kemitraan Global (ITS) merupakan unit yang menjadi wajah ITS dalam usaha internasionalisasi. Pengoptimalan fasilitas kantor DKG ITS dinilai sebagai titik awal dalam upaya meningkatkan brand ITS di mata warga kampus yang berasal dari luar negeri. Hal tersebut dilakukan dengan cara menemukan kriteria yang sesuai agar efektif. Kemudian diterjemahkan ke dalam elemen desain interior kantor DKG ITS. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Kemudian data sekunder berupa studi literatur dari buku dan jurnal. Analisis dari data tersebut akan menghasilkan konsep desain interior ‘Harmony In Diversity’. Konsep tersebut lahir dari penerjemahan kriteria penilaian menurut Quacquerelli Symond (QS) World University Rating ke dalam elemen desain interior dengan tambahan aspek visual brand dan produk ITS agar semakin dikenal. Upaya penerapan tersebut dapat mejadi nilai tambah bagi ITS dalam menaikkan reputasinya sebagai World Class University.

Copyrights © 2022