Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 4, No 1 APR (2023)

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Melalui Bermain Dengan Media Bank Huruf Pada Kelompok B TK Bhinneka

Nurmi Ar. Salam (TK Bhinneka)
Muhammad Akil Musi (Universitas Negeri Makassar)
Inneke Alriani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan awal melalui bermain dengan media bank huruf di TK Bhinneka tahun ajaran 2021/2022. Subyek pelaksanaan tindakan ini adalah anak kelompok B di TK Bhinneka yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian ini adalah guru dan anak TK Bhinneka tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti pada setiap siklusnya, analisa data pembelajaran bermain peran dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan mengrnal keaksaraan awal melalui bermain dengan menggunakan media bank huruf. Kemampuan keaksaraan awal anak pada siklus pertama 53.33 %, dan siklus kedua menjadi 82.78%. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan keaksaraan awal anak melalui bermain dengan media bank huruf. Dengan demikian, dapat terbukti bahwa penerapan bermain dengan media bank huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B di TK Bhinneka tahun ajaran 2021/2022.Kata Kunci : Kemampuan Keksaraan Awal, Media Bank Huruf

Copyrights © 2023