Lifelong Education Journal
Vol 3 No 1 (2023): April

Implementasi Program Bina Keluarga Remaja Dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo

Evada Hardiyanti (Universitas Negeri Semarang)
Ilyas Ilyas (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni, (1) mendeskripsikan proses implementasi program Bina Keluarga Remaja di kampung KB Candisari Kabupaten Purworejo, (2) mendeskrisikan peran remaja dalam mempertahankan ketahanan keluarga, dan (3) mendekripsikan faktor pendukung dan pengambat dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan(1) implementasi program dan penerapan program BKR kepada keluarga melalui kegiatan penyuluhan. Tahap implementasi terdiri dari tahap interpretasi yaitu tahap pengenalan program kepada masyarakat, tahap penggorganisasian yaitu tahap pembentukan pengurus BKR dan penentapan kader BKR, dan (3) tahap aplikasi yaitu kader melaksanakan penyuluhan, kunjungan rumah, pencatatan dan pelaporan, dan kemitraan kelompok. (2) peran remaja dalam mempertahankan ketahanan keluarga melalui 8 fungsi keluarga dan membangun komunikasi yang efektif antaa orang tua dan remaja. (3) faktor pendukung dan penghambat yang menjadi faktor pendukung adalah kader yang aktif mengikuti kegiatan, sasaran yang aktif, sarana dan prasarana yang memdai, dan dukungan dari pemerintah setempat, sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kurang nya pendanaan, masih banyak masyarakat yang kurang paham mengenai program BKR. Saran dari peneliti agar lebih diperhatikan dalam pendanaan, meningkatkan keterampilan kader dan masyarakat untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lej

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

LIFELONG EDUCATION JOURNAL adalah jurnal peer-review yang didedikasikan untuk pertukaran hasil penelitian berkualitas di semua aspek pendidikan nonformal meliputi: Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat Pendidikan orang dewasa (andragogi) Pendidikan berbasis keluarga (pengasuhan anak, ...