Jurnal Pendidikan Karakter
Vol 14, No 1 (2023): April

Degradasi moral siswa dalam penerapan nilai-nilai pancasila ditinjau

Atiqah Revalina (Universitas Negeri Padang)
Isnarmi Moeis (Universitas Negeri Padang)
Junaidi Indrawadi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah degradasi moral siswa terkait penerapan nilai-nilai Pancasila ditinjau dari makna dan hakikat pendidikan kewarganegaraan (PKn) sebagai pendidikan karakter. Penelitian ini juga mendeskripsikan bentuk-bentuk degradasi moral siswa, faktor penyebab degradasi moral, dan implikasi degradasi moral dalam penerapan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai bentuk degradasi moral siswa dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dan yang paling signifikan yaitu: penurunan nilai religius, penurunan nilai kemanusiaan, dan penurunan nilai persatuan. Faktor penyebab degradasi moral siswa yakni lemahnya pengetahuan dan paham nilai-nilai Pancasila, kelalaian orang tua dalam mendidik anak, dan pengaruh gadget atau media sosial. Implikasi dari degradasi moral siswa dalam penerapan nilai-nilai Pancasila, jika ditinjau dari makna dan hakikat PKn sebagai pendidikan karakter, yaitu tidak adanya perilaku yang mengindikasikan hubungan manusia dengan Tuhan, karakter peduli sosial terhadap hubungan hidup sesama manusia, karakter patriotisme dan kebersamaan, karakter demokratis dan adil bagi semua pihak tanpa pandang bulu. This study aims to analyze the problem of students’ moral degradation related to the application of Pancasila values in terms of the meaning and nature of civic education (PKn) as character education. This study also describes the forms of student moral degradation, the factors causing moral degradation, and the implications of moral degradation in the application of Pancasila values. The study uses a qualitative approach with descriptive method. Data was collected through interview, observation, and document study. The results of the study show that there are various forms of student moral degradation in the application of Pancasila values, and the most significant of which are: a decrease in religious valuess, a decrease in human values, and decrease in the values of unity. Factors causing student moral degradation are the lack of knowledge and understanding of Pancasila values, negligence of parents in educating children, and the influence of gadgets or social media. The implications of student moral degradation in applying Pancasila values, when viewed from the meaning and nature of civic education as character education, are namely the absence of behavior that indicates a human relationship with God, the character of social care for the living relationships of fellow human beings, the character of patriotism and togetherness, democratic character and fair to all parties indiscriminately.

Copyrights © 2023