Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berupa komik berbasis canva yang penggunaannya cukup mudah dan efektif dalam membantu proses pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kualitas media komik bahasa Arab berbasis canva. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model four-D (4-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4-D terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada tahapan development (penyebaran) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi ahli, angket respon guru bahasa Arab dan respon siswa. Media ini divalidasi oleh dua ahli bahasa Arab yakni ahli media dan ahli materi. Hasil kelayakan yang diperoleh dari ahli media dengan rata-rata nilai persentase 79 % dengan kategori layak dan memperoleh rata-rata nilai persentase 96 % dengan kategori sangat layak dari ahli materi. Respon guru bahasa Arab mengenai media mendapatkan hasil persentase sebesar 95 % dengan kategori sangat layak. Sedangkan respon siswa terhadap kepraktisan media komik bahasa Arab memperoleh hasil persentase sebesar 94 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media komik bahasa Arab berbasis canva untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Qur’an Kisaran layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.
Copyrights © 2023