Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan siswa kelas VI SD Nomor 3 Puhu kecamatan Payangan dalam mendeklamasikan puisi melalui metode Pemodelan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan memberikan informasi bagi guru dalam menentukan metode pembelajaran mendeklamasikan puisi agar pembelajaran bisa lebih efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, subjeknya adalah siswa kelas VI SD Nomor 3 Puhu kecamatan Payangan, yang berjumlah 24 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Tes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dalam mendeklamasikan puisi mulai dari pra siklus hingga siklus III. Pada pra siklus nilai rata-rata kelas mencapai 5,4, SiklusĀ I nilai rata-rata kelas siswa mencapai 6,5, Siklus II dengan nilai rata-rata 7,05, dan nilai rata-rata kelas siswa pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 8,1. Hasil penelitian dari siklus I sampai III menunjukkan bahwa metode Pemodelan dapat dijadikan sebagai alternatif oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya mendeklamasikan puisi agar pembelajaran bisa dilaksanakan secara efektif.
Copyrights © 2023