AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya
Vol 7 No 1 (2023): Maret

PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA SISWA MA MUHAMMADIYAH BIMA

muslimin muslimin (IAI Muhammadiyah Bima)
Ruslan Ruslan (IAI Muhammadiyah Bima)
Klis Dianti (IAI Muhammadiyah Bima)
Anwar Sadat (IAI Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2023

Abstract

Mufrodat merupakan unsur yang paling mendasar yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan membutuhkan metode yang tepat. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penerapan metode Mimicry Memorization dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa kelas MA Muhammadiyah Bima. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian MA Muhammadiyah Kota Bima dan sampel penelitian siswa kelas dua MA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Dan teknik menganalisis data menggunakan deskriptif, kualitatif dan presentase. Hasil penelitian penerapan metode Mimicry Memorization dengan cara meniru, mengulang sebanyak 2-3 dan menghafal mufrodat dapat meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya hasil aktifitas belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 63,3% dan meningkat pada pertemuan kedua dengan rata-rata 73,3% berkategori baik. Dan diperoleh hasil belajar siswa dari 18 siswa terdapat sebanyak 11 orang yang tuntas sisanya 7 orang belum tuntas dengan nilai rata-rata 71,5. Secara klaksikal, dan hanya 66,1% yang tuntas pada siklus I. dan meningkat sangat signifikan Pada siklus II, aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari silklus sebelumnya, yaitu pada pertemuan pertama sebesar 76,6%, dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 85% berkategori Baik. Meskipun berada pada kategori yang sama, namun megalami peningkatan nilai porsentase. Pada siklus II, pencapaian hasil belajar yang lebih baik dengan nilai rata-rata 78,8, dibuktikan dengan nilai ketuntasan klasikal siswa sebesar 88,8% pada siklus II

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afidah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-AfIdah ialah jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada kajian kebahasaan dan pengajaran. Jurnal ini sebagai media pengembangan keilmuan di tingkat prodi pendidikan bahasa Arab yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Sebagai jurnal Pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab ...