Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 6 No 1a (2023): Special Issue

PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK GULA SEMUT PESANTREN AT-TAQWA SALAWU TASIKMALAYA

Fariha Eridani Naufalina (Unknown)
Meldi Rendra (Unknown)
Muhammad Almaududi P. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Kemandirian ekonomi merupakan salah satu fondasi penting keberlangsungan proses pendidikan di pesantren. Kesadaran akan hal tersebut membuat pesantren berusaha membuat berbagai usaha kecil menengah untuk dapat meningkatkan kemandirian ekonomi. Pesantren At taqwa Salawu Tasikmalaya, salah satunya, merintis usaha pembuatan gula semut yang merupakan salah satu komoditas unggulan yang dimiliki oleh daerah Salawu. Pesantren sudah mampu melakukan produksi gula semut dengan baik. Namun, kemampuan produksi tersebut tidak dibarengi dengan kemampuan pengemasan yang baik. Padahal, kemasan merupakan aspek pertama yang dilihat oleh konsumen. Kemasan yang tidak menarik dengan kualitas produk yang bagus dapat kalah bersaing dengan produk yang sebaliknya. Oleh sebab itu, pengabdian masyarakat dilakukan untuk mendampingi pesantren dalam merancang kemasan gula semut yang tidak hanya memiliki nilai estetik namun juga didukung dengan fungsional kemasan yang baik. Perancangan kemasan dilakukan dengan metode focus group disertai dengan in-depth interview dan market observation untuk dapat melakukan deliver yang baik dari keinginan pesantren, keinginan pasar kepada rancangan kemasan. Uji coba kemasan baik terhadap desain dan bahan kemasan dilakukan beberapa kali. Rancangan kemasan yang dihasilkan memiliki warna dominan coklat dengan jenis full color printing pada seluruh bagian kemasan yang dilengkapi dengan zipper.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

charity

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Journal of Charity is one of the scientific publication journals published by the Directorate of Research and Community Service (PPM), Telkom University. The aim of Charity is to build effective communication channels between stakeholders including academics and research institutions, the business ...