Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 8, No 2 (2023): April

Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Keterampilan Civic Disposition Siswa

Zulaikah Zulaikah (Unknown)
Muhammad Nurwahidin (Universitas Lampung)
Dwi Yulianti (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Civic Disposition siswa pada pembelajaran PKn kelas XI SMA Qur'an Darul Fattah. Upaya dalam penelitian ini digunakan strategi kuantitatif dengan menggunakan teknik dan desain penelitian kuasi-eksperimental yaitu one group time series design. Tes berbentuk deskripsi dengan masing-masing 10 pertanyaan dijadikan sebagai instrumen penelitian. Dengan jumlah sampel 30, Purposive sampling adalah pendekatan pengambilan sampel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan teknik flipped classroom learning dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas XI. tentang harmonisasi hak dan kewajiban dari perspektif Pancasila efektif dalam meningkatkan disposisi kewarganegaraan pada bidang-bidang yang perlu dikembangkan, antara lain: aspek keadaban, disiplin diri, keterbukaan pikiran, dan toleransi terhadap keragaman. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai tes civic disposition, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara dua periode sebelum dan sesudah penggunaan ilmu tentang metode pembelajaran flipped classroom.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...