Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April)

Pengembangan Media Paralayang Mentari Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Habibah, Intan (Unknown)
Rahmawati, Ery (Unknown)
Susilo, Tri Achmad Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Pendidikan merupakan alat atau media yang paling utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, kegiatan belajar yang berkualitas harus dilakukan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini didasari kenyataan bahwa masih kurangnya ketertarikan dan pemahaman siswa dalam kegiatan bercerita, hal itu disebabkan pembelajaran kegiatan bercerita yang dilakukan belum menggunakan media yang dapat menyajikan cerita secara kongkrit dan alur cerita yang jelas, sehingga siswa kurang mendalami isi cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Paralayang Mentari untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada subtema Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Adapun hasil yang diperoleh dari validasi kelayakan media adalah dengan nilai presentase 96% dengan kategori sangat layak. Hasil dari penilaian aktivitas siswa adalah dengan rata-rata 94,67% dari 24 siswa menunjukkan bahwa kelas III aktif dalam kegiatan pembelajaran bercerita dengan menggunakan media Paralayang Mentari. Hasil uji validitas dengan SPSS menunjukkan bahwa butir aspek penilaian valid. Hasil uji reliabilitas dengan SPSS memperoleh nilai 0,801 dinyatakan reliabel. Dan hasil tes kemampuan bercerita menggunakan uji N-Gain memperoleh nilai 0,85 bahwa nilai hasil tes siswa kelas III berkategori tinggi, dan dapat dikatakan bahwa media Paralayang Mentari layak dan mampu meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelas III SDN Kedungpeluk 1 Candi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...