Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen evaluasi keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini adalah research and development dengan menerapkan model Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh sugiyono, dilaksanakan di MTs kota Banda Aceh pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, jumlah subjek penelitian sebanyak 60 peserta didik. Pengembangan instrumen disesuaikan dengan materi dan indikator pembelajaran materi pencemaran lingkungan. Instrumen berbentuk tes uraian yang berisi isu dan masalah pencemaran lingkungan yang terdapat disekitar peserta didik, meliputi: memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi. Instrumen yang telah disusun selanjutnya dilakukan validasi ahli (media dan konten). Hasil validasi ahli diperoleh skor 79,5%, instrumen yang dikembangkan dikategorikan cukup layak dengan sedikit perbaikan. Setelah memperbaiki instrumen berdasarkan masukan dan saran validator selanjutnya dilakukan uji coba lapangan untuk mengetahui validitas dan reabilitas instrumen. Hasil analisis uji lapangan (validitas dan reablitas) instrumen diperoleh sebanyak 18 dari 20 item instrumen valid dengan nilai reabilitas 0,69 (kategori tinggi).
Copyrights © 2023