PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik
Vol. 3 No. 02 (2023): MANAJEMEN PUBLIK

STRATEGI PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA PANTAI KENJERAN LAMA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT

Anisa Anisa (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Indah Murti (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Dida Rahmadanik (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Indonesia memiliki banyak objek wisata yang memiliki potensi besar, mulai dari keindahan alam yang menakjubkan, tempat bersejarah dan situs-situs bersejarah yang dapat dinikmati keindahannya hingga ragam budaya setiap daerah wisata. Kota Surabaya memiliki berbagai objek wisata, namun beberapa diantaranya luput dari pengelolaan sehingga tidak menarik lagi bagi masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan fasilitas wisata Pantai Kenjeran Lama dalam meningkatkan kepuasan masyarakat. Untuk mengetahui strategi yang ada di Pantai Kenjeran peneliti menggunakan analisis SWOT dan metode pengukuran kepuasan masyarakat yang terdiri dari sistem keseluruhan, Ghost Shopping, Lost Analysis Customer dan survey kepuasan pelanggan. Strategi yang diterapkan pada objek wisata Pantai Kenjeran antara lain memperbaiki fasilitas utama dan spot-spot yang dapat menarik minat masyarakat, mengadakan pembangunan serapan air serta menciptakan inovasi pada fasilitas yang ada di Pantai Kenjeran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

praja

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, e- ISSN: 2797-0469 ini diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, Community of Research Laboratory Surabaya, Indonesia sebagai media komunikasi dan diseminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Administrasi Publik; Manajemen Publik; ...