Indonesia memiliki banyak objek wisata yang memiliki potensi besar, mulai dari keindahan alam yang menakjubkan, tempat bersejarah dan situs-situs bersejarah yang dapat dinikmati keindahannya hingga ragam budaya setiap daerah wisata. Kota Surabaya memiliki berbagai objek wisata, namun beberapa diantaranya luput dari pengelolaan sehingga tidak menarik lagi bagi masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan fasilitas wisata Pantai Kenjeran Lama dalam meningkatkan kepuasan masyarakat. Untuk mengetahui strategi yang ada di Pantai Kenjeran peneliti menggunakan analisis SWOT dan metode pengukuran kepuasan masyarakat yang terdiri dari sistem keseluruhan, Ghost Shopping, Lost Analysis Customer dan survey kepuasan pelanggan. Strategi yang diterapkan pada objek wisata Pantai Kenjeran antara lain memperbaiki fasilitas utama dan spot-spot yang dapat menarik minat masyarakat, mengadakan pembangunan serapan air serta menciptakan inovasi pada fasilitas yang ada di Pantai Kenjeran.
Copyrights © 2023