cover
Contact Name
-
Contact Email
didin@untag-sby.ac.id
Phone
+6281249846916
Journal Mail Official
prajajurnal@gmail.com
Editorial Address
Nginden Intan Timur XV No.11 Surabaya
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik
ISSN : -     EISSN : 27970469     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, e- ISSN: 2797-0469 ini diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, Community of Research Laboratory Surabaya, Indonesia sebagai media komunikasi dan diseminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Administrasi Publik; Manajemen Publik; Pelayanan Publik; Kebijakan Publik; Governance; Local Government; Lembaga Internasional; dan Pembangunan. Redaksi PRAJA observer sangat terbuka menerima artikel dan resensi buku terkait ruang lingkup kami di bidang administrasi publik.
Articles 323 Documents
IMPLEMENTASI PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA TERINTEGRASI SECARA ELEKTRONIK PADA PROSES PELAYANAN DI KABUPATEN TUBAN Agus Suseno
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 01 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 merupakan dasar hukum dalam melayani perizinan berusaha I Kabupaten Tuban. Pemerintah Kabupaten Tuban berkomitmen dalam perbaikan pelayanan publik khususnya dalam pelayanan perizinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik di Kabupaten Tuban berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 dalam pelayanan perizinan di Kabupaten Tuban serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban dengan informan pegawai Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, menggunakan teknik analisa data kualitatif dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik dalam pelayanan perizinan telah berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan jumlah izin berusaha pada dari tahun 2017 sampai akhir tahun 2018. Adapun faktor pendukung implementasi kebijakan ini yaitu adanya sosialisasi perizinan, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, respon dari pemerintah Kabupaten Tuban. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah kuantitas sumberdaya manusia yang masih kurang, dukungan anggaran yang belum maksimal. Tetapi faktor penghambat tersebut tidak berpengaruh terhadap proses pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Saran dari hasil penelitian ini adalah menambah jumlah petugas pelayanan perizinan, perlunya menambah sosialisasi sehingga mampu tersebar ke semua wilayah di Kabupaten Tuban serta menambahkan anggran dalam kegiatan sosialisasi dan kegiatan penyebarluasan informasi perizinan agar lebih diketahui masyarakat Kabupaten Tuban dan mendukung pelayanan perizinan.
ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK Iga Sri Moerni
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 01 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The event that many BOS funds (School Operational Assistance) were hampered as well as mass and systematic corruption in administering BOS funds due to delays in the distribution and poor supervision of the system prompted the authors to research analysis of how to effective BOS fund management is. Research object: Ibtidaiyah Madrasah Institute in Manyar District - Gresik Regency. Problem formulation: What is the effectiveness of managing BOS funds and what factors influence it. Research Objectives: To analyze the effectiveness of BOS fund management and analyze the factors that influence it. Research methods: This study uses a descriptive qualitative approach, with informants from school principals, school principals, and school treasurers in 31 MIs. Data collection using questionnaires, interviews, observations, and documentation. Data analysis using descriptive qualitative. Research findings: (1) Management of BOS funds in MI has been carried out effectively, (2) 4 factors influence the effectiveness of management of BOS funds, namely planning, allocation, distribution, and reporting-responsibility, (3) Distribution factors have a dominant influence on management effectiveness BOS funds. Suggestion: Further socialization is needed for all committees, teachers, administrative staff, and parents so that BOS funds can be channeled better.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KAWASAN AGROWISATA BELIMBING TASIKMADU DI DESA TASIKMADU KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN Novi Yudianti
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 01 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan slogan utamanya yaitu Tuban Bumi Wali. Obyek wisata andalan di Kabupaten Tuban adalah wisata religi Makam Sunan Bonang dan Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi. Dengan memanfaatkan tingginya kunjungan wisatawan religi mendorong Pemerintah Kabupaten Tuban mengembangkan Agrowisata Belimbing Tasikmadu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Namun, hasil observasi dan wawancara dengan pengelola agrowisata menunjukkan bahwa kawasan Agrowisata Belimbing Tasikmadu belum mampu menarik wisatawan untuk berkunjung dan menjadi destinasi wisata secara maksimal. Oleh karena itu, perlu diketahui sejauh mana implementasi kebijakan pengembangan kawasan Agrowisata Belimbing Tasikmadu dalam rangka memaksimalkan potensi wisata yang ada. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat Implementasi Kebijakan tersebut. Peneliti menggunakan model implementasi kebijakan Goerge C. Edwards III dengan variabel komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Obyek penelitian ini adalah Kawasan Agrowisata Belimbing Tasikmadu di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Informan dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan pengembangan kawasan agrowisata belimbing tasikmadu. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini: (1) implementasi kebijakan pengembangan kawasan agrowisata belimbing tasikmadu di Desa Tasikmadu Kecamatan Palang Kabupaten Tuban sudah dilaksanakan namun belum optimal baik dari aspek komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. (2) Faktor pendukungnya adalah adanya regulasi, letak strategis, sarana dan prasarana yang memadai, kualitas rasa buah Belimbing yang manis dan segar, kuliner khas Tuban serta tiket gratis. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak terdapat tim teknis, status kepemilikan lahan milik perorangan, belum ada SOP, fasilitas atraksi wisata terbatas, ketersediaan buah belimbing yang tidak selalu melimpah sepanjang tahun, dan promosi belum maksimal.
EFEKTIVITAS WEBSITE SEBAGAI MEDIA E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN (STUDI PADA WEBSITE KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GRESIK) Tri Hayati Fitriyani
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 01 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 semakin berkembang ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi. Dan di awal tahun 2019 berubah ke revolusi peradaban 5.0, konsep terbaru dari Negara Jepang bertajuk society 5.0. Maka otomatis pemanfaatannya kini merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindari, karena kebutuhan informasi yang sangat cepat, dan tepat. Teknologi menjadi trends masyarakat dan kebutuhan utama disegala aspek. Salah satu teknologi paling berkembang adalah teknologi berbasis web yang sering disebut dengan internet. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik sebagai salah satu lembaga pemerintah dituntut untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan publik yang diprogramkan menuju layanan elektronik atau e-service. Web atau website diharapkan dapat menjadi media e-government sebagai sarana interaksi antara Kementerian Agama dengan masyarakat maupun mempermudah layanan elektronik. Penulisan Tesis dengan judul “Efektivitas Website Sebagai Media E-Government Dalam Meningkatkan Pelayanan (Studi Pada Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik)” merupakan sebuah studi dimana dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui seberapa efektif website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik sebagai media e-government. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. untuk menjelaskan dan menganalisis efektivitas website sebagai media e-government dalam meningkatkan pelayanan elektronik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik; 2. untuk menjelaskan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat efektivitas website sebagai media e-government dalam meningkatkan pelayanan elektronik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa: 1. website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik belum efektif sebagai media dalam memberikan pelayanan publik secara elektronik (e- service) seperti mendownload blangko, formulir, dll, karena hanya sebagai media pemberi informasi kepada masyarakat. 2. Ditemukan faktor pendukungnya adalah makin berkembangnya teknologi informasi dan banyak pengguna aktif IT dengan tingkat pendidikan yang lebih baik. Faktor penghambatnya adalah Faktor usia dengan pendidikan rendah belum bisa menggunakan peranti elektronik.
PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI SEBAGAI SARANA INTERAKSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN: (Studi Kasus Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Pada Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik) Rahmawaty Kahar
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 01 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Tanpa didukung dengan kemampuan dalam pengelolaan sistem informasi secara cepat, tepat dan akurat, niscaya suatu organisasi tidak dapat bersaing dengan para kompetitornya dalam menghasilkan data dan informasi yang akurat. Bagi sebuah organisasi yang bergerak di pemerintahan pelayanan publik tentu merupakan aspek yang paling diutamakan, untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas prima maka sangat membutuhkan dukungan data dan informasi yang lengkap akurat dan tepat waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan sistem informasi EMIS (Education Management Information System) sebagai sarana interaksi dalam pengambilan keputusan di Seksi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Gresik khususnya terhadap penetapan peserta Sertifikasi Guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, melalui metode pengumpulkan data dengan wawancara terhadap 15 responden, observasi dan dokumentasi. Dalam hal penjabaran proses pengambilan keputusan, menggunakan tahapan: pemahaman, perancangan dan pemilihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi EMIS (Education Management Information System) adalah sebuah metode manajemen formal dibidang pelayanan administrasi publik di Seksi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Gresik dalam penyediaan informasi dan data Guru Pendidikan Agama Islam yang akurat dan tepat waktu. Keterlibatan aktif Guru Pendidikan Agama Islam, operator dan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Gresik dalam penginputan data, verifikasi data dan penetapan ke dalam sistem informasi EMIS (Education Management Information System) secara nyata menghasilkan proses pengambilan keputusan penetapan peserta Sertifikasi Guru Pendidikan Agama Islam yang efektif dan transparan, bahkan data dalam sistem informasi EMIS (Education Management Information System) tersebut juga menjadi data pendukung dalam proses perencanaan, pengembangan proyek dan fungsi-fungsi manajemen pendidikan lainnya di Seksi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Gresik.
STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA RELIGI DI KABUPATEN GRESIK: (Study Kasus Pada Makam Maulana Malik Ibrahim dan Makam Sunan Giri) Hanik Fauziah
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 01 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan wisata religi sudah tidak dapat dipungkiri lagi, begitu juga dengan mayoritas masyarakatnya muslim membuat wisata religi semakin diminati, sehingga dianggap perlu diadakan penelitian untuk mengakomidir dua hal itu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu konsep baru terkait dengan strategi pengembangan yang diperlukan guna memberikan kontribusi perkembangan wisata religi yang ada di kabupaten gresik khususnya makam Maulana Malik Ibrahim dan makam Sunan Giri. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah literature review dan wawancara dengan pendekatan kualitatif, serta dilaksanakan triangulasi guna memberikan dan memastikan ketepatan teori yang digunakan dengan pelaksanan penelitian ini. Fasilitas yang dibutuhkan guna melakukan pengembangan adalah Tour Guide, Transportasi, papan informasi dan lokasi istirahat yang semuanya menggunakan dan memanfaatkan kemampuan masyarakat sekitar.
IMPLEMENTASIKEBIJAKAN PEMBERIAN TAMBAHAN PENGHASILAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN TUBAN : (Studi Kasus Di Dinas Penddikan Kabupaten Tuban) Heyjude Dewi Puspita Sari
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 01 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reformasi birokrasi yang digencarkan untuk mendorong pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menerapkan tata kelola birokrasi yang baru dalam rangka meningkatkan mutu, prestasi kerja, serta untuk mencapai daya guna dan hasil guna, tambahan Penghasilan (insentif) perlu diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil agar dapat meningkatkan daya efektivitas dan semangat kerja sehingga pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada negara dan masyarakat dapat berjalan dengan baik. Adapun tujuan peneliti untuk menganalisis Implementasi Kebijakan pemberian tambahan penghasilan Pegawai Negeri Sipil Daerah dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan pemberian tambahan penghasilan Pegawai Negeri Sipil Daerah di Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. Desain metode penelitian mengunakan Diskriptif Kualitatif, dengan teknik observasi partisipatif, wawancara dan penggalian dokumen. Basis teori untuk analisis mengunakan teori implementasi kebijakan publik, menurut George C Edward III implementasi kebijakan dipengaruhi oleh empat variable, yakni : (1) komunikasi, (2) stuktur birokrasi, (3) sumberdaya, (4) disposisi (sikap). Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa implementasi kebijakan pemberian tambahan penghasilan Pegawai Negeri Sipil Daerah di Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban mampu meningkatkan kedisiplinan dan kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban.
UPAYA DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM PEMBINAAN KOPERASI SERBA USAHA (KSU) PEMUDA BIINMAFO MANDIRI DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA: Studi Pada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Timor Tengah Utara Intan Ningsih; Agustinus Longa Tiza; A.P.Aplonia Pala
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 2 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya Dinas Koperasi dan UKM di Kabupaten TTU dalam pembinaan Koperasi telah tertuang dalam Rencana strategis Dinas Koperasi dan UKM.Upaya yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM dalam pembinaan Koperasi di kabupaten TTU bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis Upaya Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam melakukan Pembinaan pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Pemuda Biinmafo Mandiri di Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Sumber Daya Manusia (2) Permodalan (3) Kelembagaan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam hal sumber daya manusia pihak Dinas telah melakukan pengembangan SDM tetapi belum secara maksimal karena anggaran yang terbatas, dalam hal permodalan pihak Dinas telah memberikan modal usaha tetapi belum ada pengontrolan secara langsung oleh pegawai Dinas mengenai perkembangan permodalan tersebut, pengontrolan hanya dilakukan melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap setahun sekali sedangkan dalam hal kelembagaan penyuluhan pembinaan mengenai pengembangan kelembagaan sudah dilakukan oleh dinas tetapi tidak secara optimal dan rutin dikarenakan pegawai yang terbatas di Dinas tersebut.  
EVALUASI KINERJA DINAS SOSIAL DALAM PEMBINAAN ANAK JALANAN DI KOTA SURABAYA Sultan Yanuar Syawarudin
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 2 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilaksanakan Dinas Sosial Kota Surabaya dalam penelitian ini menggemukakan kinerja Dinas Sosial dalam pembinaan anak jalanan. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Informan peneliti bidang rehabilitasi pekerja sosial, anak jalanan. Hasil penelian Dinas Sosial Kota Surabaya sudah menjalankan tanggung jawab tujuan visi misi dengan menggunakan lima indikator dan faktor yang mempengaruhi kinerja.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI STUDI KASUS BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH BOJONEGORO Hanifa Mawardany; Achluddin Ibnu Rochim; Bagoes Sunardjanto
PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469) Vol. 1 No. 2 (2021): ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai melalui studi kasus kantor Badan Kepegawaian Daerah Bojonegoro, Pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh yakni sebanyak 52 pegawai. Penelitian ini dikategorikan kuantitatif. Teknik analis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di kantor Badan Kepegawaian Daerah Bojonegoro. Secara parsial Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan tidak signifikan; Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan; Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan. Dan yang berpengaruh dominan adalah Motivasi kerja.

Page 1 of 33 | Total Record : 323