Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 4, No 1 (2023)

Case Based Learning Pada Pembelajaran Fisika Di SMK Negeri 2 Pangkep

Siti Nurcahya Kasmiryanti Ar (Unknown)
Sindi Sindi (Unknown)
Nurazmi Nurazmi (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Tri Hastiti Fiskawarni (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Yulianti Ratte Misa (SMK Negeri 2 Pangkep)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Pangkep Kelas X TPBO 2 dengan menerapkan model pembelajaran Case Based Learning (CBL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, rata-rata skor pre test adalah 56,21 dan skor post test adalah 67,72. Skor ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 11,51 poin dengan standar n-gain 0,26 dan tergolong rendah, selanjutnya data penelitian siklus II Nilai rata-rata pre test adalah 70,75 dan post test 89,54, mengalami peningkatan sebesar 18,79 poin. Standar n-gain pada siklus II sebesar 0,64 dengan kualifikasi sedang. Dari data tersebut terlihat bahwa standar gain belajar fisika mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dan tergolong dalam kualifikasi sedang pada Siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...