Mimbar PGSD Undiksha
Vol. 11 No. 1 (2023): April

Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V

I Made Arista Sastra Saputra (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia)
I Gusti Ayu Tri Agustiana (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia)
Putu Ari Dharmayanti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA di sekolah dasar cenderung disebabkan karena proses pembelajaran yang masih dilakukan dengan berpusat kepada guru, sehingga siswa tidak dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis pentingnya penerapan model pembelajaran yang efektiv diterapkan kepada siswa. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian quasy experimental design. Populasi dalam penelitian ini yakni 211 siswa kelas V SD. Penarikan sampel dalam penelitian dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel akhir yakni 45 siswa kelas V. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode non tes, dengan instrument penelitian berupa instrumen tes berbentuk soal Objektif. Data dalam penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain itu, berdasarkan analisi deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.

Copyrights © 2023