Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 11 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Analisis Spasial Sebaran Sekolah Dasar Terdampak Bencana Gempa di Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur

Fani Setyawan (BMKG)
Ayu Handayani (Universitas Indonesia)
Brigitta Maria (Universitas Indonesia)
Dedy Swandry (Universitas Indonesia)
Glendy Somae (Universitas Indonesia)
Adi Wibowo (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Sekolah merupakan salah satu prasarana yang berfungsi dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan masyarakat dan lokasi pendirian sekolah harus memperhatikan kesesuaian karakteristik daerah.  Gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur mengakibatkan rusaknya fasilitas umum khususnya sekolah dasar di beberapa daerah, termasuk Kecamatan Cugenang.  Kerusakan parah pada sekolah dasar, berdampak pada terganggunya kegiatan belajar mengajar (KBM).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran kerusakan pada Sekolah Dasar di kecamatan Cugenang, kabupaten Cianjur dengan menggunakan metode Nearest Neighbor Analysis (NNA) serta teknik proximity dengan metode Buffer dalam Sistem Informasi Geografi (SIG). Hasilnya, dari metode NNA diperoleh Pola Acak dalam menentukan lokasi Sekolah Dasar di kecamatan Cugenang, sehingga tidak dapat memberikan pola linear saling melengkapi antar sekolah yang memberikan kemudahan akses. Metode Buffer dengan jangkauan 1 km dilakukan untuk melihat pola sebaran kerusakan sekolah dasar pada potensi pengalihan proses KBM yang rusak parah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...