Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 12, No 1 (2023)

ELECTRONIC WORD OF MOUTH ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI DALAM PENINGKATAN INTENTION TO STAY: SEBUAH INVESTIGASI EMPIRIS

Sukrisno Sukrisno (stiepari semarang)
Wenefrida Ardhian Ayu Hardiani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)
Enik Rahayu (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)
Pranoto Pranoto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual baru berdasarkan peran E-WOM (Electronic Word Of Mouth) sebagai variabel mediasi. Kritik akademik dilakukan sebagai upaya meningkatkan pertemuan antara Green environment dan media sosial untuk meningkatkan tingkat hunian hotel bagi generasi milenial. Metodologi studi struktural yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengambil sampel sebanyak 160 pengunjung hotel di Kota Semarang dan telah meluangkan waktunya secara individual. Dengan sukarela memberikan wawancara dan mengisi kuesioner dalam proses pengumpulan data model diuji dan dihipotesiskan menggunakan Amos 25 dan dari sekitar 160 sampel dianalisis lebih lanjut. Hasil hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan terdapat dua strategi untuk meningkatkan intention to stay. Penelitian ini juga memberikan implikasi praktis dan teoritis.Kata Kunci: Media Sosial, Persepsi, E-WOM, Intention to StayAbstractThis study aims to develop a new conceptual model based on the role of E-WOM (Electronic Word Of Mouth) as mediating variables. Academic criticism is carried out as an effort to increase the meeting between Green environmental and social media to increase the hotel occupancy rate for the millennial generation. The structural study methodology used in this study by adopting a sample of 160 hotel visitors in Semarang City and they have given their time individually. Volunteered to provide interviews and fill out questionnaires in the data collection process the model was tested and hypothesized using Amos 25 and from about 160 samples were further analyzed. The results of the research hypothesis proposed in this study were accepted and there were two strategies for increasing intention to stay. This research also provides practical and theoretical implication.Keywords: Social Media, Perceptions, E-WOM, Intention To Stay

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jureq

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Equlibrium merupakan jurnal ilmiah terbit enam bulan sekali yang memuat hasil-hasil penelitian baik teoritis maupun terapan dari bidang ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi serta disiplin ilmu lainnya yang relevan dengan bidang ilmu ...