Jurnal Abdi Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2023): Februari

Peningkatan Kualitas Service Excellent Bagi Pramuniaga Yang Tergabung Dalam Aprindo Bali

Pande Putu Juniarta (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional, Denpasar, Indonesia)
Miko Andi Wardana (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional, Denpasar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2023

Abstract

Ritel merupakan mata rantai penting dalam proses distribusi barang dan mata rantai terakhir dalam proses distribusi. Melalui retail, produk dapat bertemu dengan penggunanya secara langsung. Seiring dengan persaingan toko ritel yang kompetitif, pengusaha ritel juga harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Maka dari itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan peningkatan kualitas service excellent pada pramuniaga. Kegiatan ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi pramuniaga pada toko ritel yang tergabung dalam APRINDO di Denpasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pembelajaran partsipatif dalam bentuk ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktik terkait dengan service excellent pada toko ritel. Peserta pelatihan peningkatan kualitas service excellent ini yaitu pramuniaga toko ritel yang tergabung dalam APRINDO Bali. Materi pelatihan yang diberikan mencakup perilaku konsumen, minat beli konsumen, kualitas pelayanan, dan kebutuhan pelanggan. Hasil yang dicapai dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan karyawan pramuniaga dalam meberikan pelayana yang prima kepada pelangga yang datang ke toko ritel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JAM memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di ranah pengabdian kepada masyarakat. Lingkup ranah pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi; tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pelatihan, 2. Pemasaran, 3. Teknologi Tepat Guna (TTG), 4. Pengembangan Ekonomi, Kewirausahaan, Koperasi, ...