JSO: Journal of Social Outreach
Vol 2, No 1 (2023): Journal of Social Outreach

Optimalisasi Proses Pembelajaran Di SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas

Chrisnaji B. Yudha (STKIP Kusuma Negara)
Arie Purwa Kusuma (STKIP Kusuma Negara)
Mochamad F. (STKIP Kusuma Negara)
Neti Maria E. D. (STKIP Kusuma Negara)
Maria Rinta P. W. (STKIP Kusuma Negara)
Tiara Puspa (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas adalah bentuk refleksi diri bagi seorang guru untuk dapat memahami situasi-siatuasi sosial termasuk dalam pendidikan yang bertujuan memperbaiki praktik yang dilakukan oleh guru itu sendiri sehingga praktik dapat berjalan sesuai harapan dan relevan dengan keadaan. Tujuan Melaksanakan kegiatan pengabdian dengan melakukan kegiatan Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang menjadi salah satu tuntutan kompetensi. Dalam pelaksanaannya menggunakan metode pemamparan materi secara teori, diskusi dan latihan pembuatan proposal penelitian. Teknis pelaksanaanya adalah penyusunan proposal yang meliputi klinis penyusunan proposal, menyampaikan beberapa model pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian, pendampingan pelaksanaan penelitian dan penyusunan akhir laporan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini, para peserta bertambah pemahamannya pada PTK sehingga ilu yang di dapatkan oleh para peserta dapat digunakan sebagai proses perbaikan pebelajaran di kelas. Dengan peningkatan kemampuan ini proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sosialoutreach

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal Of Social Outreach (JSO) adalah jurnal pengabdian masyakat yang dikelola oleh Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol. Adapun fokus dan cakupan dari jurnal ini meliputi: 1. Pendidikan dan pelatihan dalam pemberdayaan masyarakat berbasis sains dan teknologi 2. Pendayagunaan sains dan ...