cover
Contact Name
Ahmad Fauzi
Contact Email
ahmadfauzi@uinib.ac.id
Phone
+6281212362414
Journal Mail Official
jso@uinib.ac.id
Editorial Address
Kampus III UIN Imam Bonjol, Kel. Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Padang, Provinsi Sumatera Barat, 25171
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JSO: Journal of Social Outreach
ISSN : 28295668     EISSN : 28295668     DOI : -
Journal Of Social Outreach (JSO) adalah jurnal pengabdian masyakat yang dikelola oleh Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol. Adapun fokus dan cakupan dari jurnal ini meliputi: 1. Pendidikan dan pelatihan dalam pemberdayaan masyarakat berbasis sains dan teknologi 2. Pendayagunaan sains dan teknologi dalam kehidupan masyarakat 3. Interaksi atau implementasi kebudayaan, agama, dan sains dalam pemberdayaan serta pendampingan pada kehidupan masyarakat Journal of Social Outreach terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan April dan bulan Oktober. Penerbit Journal Of Social Outreach adalah Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAGI ANAK-ANAK DI PKBM Nurina Kurniasari Rahmawati; Abdul Hakim Maruf; Andy Ahmad; Nurimani Nurimani
Journal of Social Outreach Vol 1, No 1 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.009 KB)

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu para siswa paket di PKBM dalam pembelajaran  yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa untuk terus mendalami pembelajaran seperti matematika, IPA, ekonomi dan sosial. Selain itu pengabdian ini memberikan motivasi kepada siswa terkait masa depan yang akan mereka hadapi setelah lulus nanti. Kurangnya pengetahuan para siswa tentang rencana kedepan membuat banyak siswa PKBM yang justru menjadi pengangguran, hal tersebut karena kurangnya pengetahuan tentang persiapan memasuki dunia kerja serta jika ingin kuliah kurangnya pengetahuan tentang jurusan yang akan diambil dan bagaimana memilih perguruan tinggi yang baik dan benar. Pendampingan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatnya minat belajar dan motivasi para siswa di PKBM  Negeri 17 Wilayah Tanjung Priok, dengan jumlah peserta sebanyak 30 mahasiswa yang berasal dari paket B dan C. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah persiapan, sosialisasi, dan pelaksanaan kegiatan. Setelah kegiatan dilaksanakan dilakukan analisis dan evaluasi, terlihat bahwa anak- anak mengalami peningkatan dalam pemahaman nya terkait matematika, IPA, matematika dan sosial, motivasi mereka meningkat untuk bisa memperbaiki masa depan mereka dengan melanjutkan ke perguruan tinggi. Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari para siswa PKBM dan diharapkan bisa terus berlanjut untuk membimbing anak- anak dalam belajar matematika.Kata Kunci: konsep dasar matematika, pengabdian masyarakat, pembelajaran menarik.
UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI KEGIATAN PROGRAM BELAJAR BERSAMA PADA ANAK DESA KHEPONG JAYA Riyama Ambarwati; Listiyani Siti Romlah; Firgiawan Setia Budi
Journal of Social Outreach Vol 1, No 2 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.332 KB)

Abstract

Era globalisasi memudahkan manusia untuk bisa mendapat informasi yang kita inginkan dari berbagai sumber. Tidak sedikit informasi yang didapat berasal dari bahasa yang kurang kita pahami yang pada kenyataannya digunakan oleh masyarakat dunia saat ini yaitu bahasa inggris.  Pada program pengabdian kepada masyarakat, peneliti membentuk program bimbingan belajar bersama Bahasa Inggris di desa Khepong Jaya Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran ini dilaksanakan atas dasar kerjasama khususnya oleh Dosen dan Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung dengan masyarakat serta pejabat desa setempat. Pengabdian ini ditujukan untuk anak-anak pada tingkat sekolah dasar yang ada di desa Khepong Jaya, dalam upaya lebih mengenalkan Bahasa Inggris pada anak-anak desa khususnya dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Pada penelitian kali ini peneliti akan melakukan eksperimen yang berpusat pada peningkatan penguasaan kosakata anak-anak desa melalui program kegiatan belajar bersama. Hasil pengabdian kepada masyarakat melalui program kegiatan belajar bersama ini ditemukan adanya peningkatan dalam penguasaan kosakata anak-anak di desa Khepong Jaya.Kata Kunci: Improvisasi, Bahasa Inggris, Penguasaan Kosa Kata
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME MAHASISWA DALAM MENYUSUN ARTIKEL ILMIAH DAN PUBLIKASI DI JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI SINTA Binti Karomah; Rizal Maarif Rukmana
Journal of Social Outreach Vol 1, No 2 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.577 KB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang artikel ilmiah dan teknik menyusun  artikel ilmiah, jurnal nasional dan  jurnal nasional terakreditasi, memberikan tips dan trik dalam menembus publikasi jurnal nasional terakreditasi SINTA, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun dan mempublikasikan  karya tulis ilmiah di jurnal nasional terakreditasi. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, dimana materi yang disampaikan adalah penjelasan tentang karya ilmiah, teknik penulisan karya ilmiah, jurnal ilmiah dan publikasi pada jurnal nasional terakreditasi SINTA, diskusi, dimana peserta diberi kesempatan untuk  berdiskusi tentang materi yang disampaikan, tugas menyusun karya tulis ilmiah dengan dilakukan pendampingan khusus, monitoring dan evaluasi dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara berkala. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan mahasiswa dalam hal artikel ilmiah, sistematika penulisan artikel ilmiah, dan prosedur publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi SINTA yang dibuktikan dari hasil nilai postest, meningkatnya kualitas artikel ilmiah yang dihasilkan mahasiswa, dimana setelah diadakan program pengabdian ini mahasiswa mampu menulis artikel ilmiah dengan bimbingan dari tim, meningkatnya kuantitas artikel ilmiah yang dihasilkan mahasiswa, dimana sudah ada  20 artikel mahasiswa yang sudah masuk ke tim pengabdi untuk direview dan selanjutnya diberi rekomendasi untuk dipublikasikan ke salah satu artikel ilmiah. Simpulan utama dari kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa yakni dengan memberikan edukasi tentang artikel ilmiah dan teknik menyusun artikel ilmiah, prosedur publikasi pada jurnal nasional  terakreditasi SINTA serta memotivasi  untuk menulis artikel ilmiah dan publikasi di jurnal nasional terakreditasi SINTA.Kata Kunci: Artikel Ilmiah, Publikasi Ilmiah, Akreditasi Jurnal Nasional
PENDAMPINGAN BELAJAR DALAM WORKSHOP KONSEP DASAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK-ANAK SANGGAR KABASA Arie Purwa Kusuma; Nurimani Nurimani; Fiki Alghadari; Nurina Kurniasari Rahmawati
Journal of Social Outreach Vol 1, No 1 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.64 KB)

Abstract

Pembelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa, siswa merasa kebingunan dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang biasa diberikan oleh para guru dikarenakan siswa banyak yang belum mnguasai konsep dasar nya dan juga sudah merasa takut dengan pelajaran matematika. sebagian orang tua yang mampu memilih jalan mendatangkan guru privat untuk membantu anaknya memahami matematika. Berbeda dengan anak-anak di sanggar kabasa, tentunya mereka tidak bisa seperti teman-temannya yang mampu, sehingga anak-anak sanggar kabasa memerukan perhatian khusus supaya mereka memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terkait matematika. Tujuan pengabdian ini adalah untuk pendampingan pembelajaran bagi anak-anak sanggar kabasa. Pengabdian ini dilakukan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Matematika yang berasal dari Kampus STKIP Kusuma Negara Jakarta yang bekerjasama dengan Sanggar Kabasa Kota Bekasi. Para Dosen memberikan materi terkait konsep dasar pembelajaran matematika yang cepat, mudah, dan menarik. Motivasi belajar matematika para anak-anak sanggar kabasa menjadi lebih besar yang terbukti dari besarnya antusiasme mereka dalam mempraktekkan apa yang diinstruksikan oleh pengajar. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PKM ini sangat efektif. Selain itu, pengetahuan para siswa terhadap materi yang telah disampaikan lebih meningkat dilihat dari hasil tes. Kata Kunci: konsep dasar matematika, pengabdian masyarakat, pembelajaran menarik.
PENGELOLAAN SAMPAH MENJADI BARANG BERNILAI JUAL DI LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT Any Tsalasatul Fitriyah; Dewi Sartika Nasution; Ravica Agustina Putri
Journal of Social Outreach Vol 1, No 1 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.925 KB)

Abstract

Permasalahan terkait sampah bukan merupakan permasalahan yang asing bagi masyarakat. Dampak yang ditimbulkan dari sampah diantaranya pencemaran lingkungan, ancaman bencana alam seperti banjir serta wabah penyakit. Di Indonesia sendiri sampah yang dihasilkan bisa mencapai 85.000 ton setiap harinya. Sebanyak 40% sampah yang dihasilkan merupakan sampah yang berasal dari rumah tangga. Oleh karenanya peran masyarakat dalam pengelolaan sampah sangat penting. Sampah dapat dikelola menjadi barang yang bernilai jual jika dikelola dengan baik dan efisien. sampah plastic dapa dikelola menjadi barang bernilai jual berupa tas, ecobrik, dan asesoris lainnya. Merubah sampah menjadi asesoris berupa tas dilakukan dengan menganyam sampah plastic sehingga dapat dibentuk sesuai keinginan. Sedangkan untuk ecobrik, sampah plastic dipotong-potong kecil dan dimasukkan ke dalam botol plastic hingga penuh. Untuk sampah organic yang bersal dari sayuran, buah, dan sisa makanan dapat dikelola menjadi pupuk kompos yang dapat membantu menyuburkan tanaman. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah dalam rangka mengurangi sampah. Selain itu, pengelolaan sampah menjadi barang bernilai jual dapat menambah income atau pemasukan rumah tangga.Kata Kunci: Sampah, Kerajinan sampah, Lombok
PEMBINAAN OLIMPIADE MATEMATIKA BIDANG KOMBINATORIK TINGKAT SMA DI JATIAGUNG, LAMPUNG SELATAN Novian Riskiana Dewi
Journal of Social Outreach Vol 1, No 2 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.46 KB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah meningkatkan kemampuan pemahaman Sains meliputi Matematika, termasuk pada bidang kombinatorik. Pada bidang kombinatorik siswa mempelajari tentang permutasi, kombinasi, dan peluang. Siswa dituntut untuk memiliki tingkat penalaran yang tinggi terhadap latihan soal yang diberikan. Sebenarnya bidang kombinatorik tidak terlalu banyak perhitungan didalamnya, namun mengharuskan memiliki tingkat penalaran yang tinggi. Berdasarkan hal itu diperlukan suatu upaya untuk membimbing siswa dapat memahami konsep dasar dari kombinatorik. Subjek dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa pilihan dari kelas X sampai XII. Pada pembinaan olimpiade ini pemateri memberikan materi dan beberapa latihan soal yang mengasah konsep dasar dari kombinatorik. Siswa diberikan waktu untuk berdiskusi dengan temannya untuk menyelesaikan latihan soal, selanjutkan dibahas bersama setiap jawaban yang sudah dikerjakan bersama.Kata Kunci: kombinatorik, konsep dasar, pembinaan olimpiade, penalaran tinggi
PELATIHAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TAHFIDZ DI ERA DIGITAL Aisyah Salsabillah A.; Zainuddin Zainuddin
Journal of Social Outreach Vol 1, No 2 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.822 KB)

Abstract

Pendidikan karakter menjadi alternatif dalam membangun karakter anak bangsa yang saat ini telah mengalami persoalan serius terutama di era digital saat ini. Adapun tujuan pelatihan penguatan pendidikan karakter adalah mempertahankan nilai-nilai karakter santri, yakni keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, persaudaraan yang kuat, dan mengamalkan amar ma’ruf nahi munkar yang berpedoman pada Al Qur’an dan Hadits. Pondok Pesantren ini merupakan Pondok Pesantren Tahfid. Santri sudah mempunyai bekal dalam mengamalkan perilaku kehidupan sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah. Berpedoman pada Al-Qur’an di era digital sekarang dapat membantu orang tua dalam pembentukan karakter masing-masing anak. Era digital sekarang ini memiliki pengaruh yang besar bagi karakter, pendidikan, serta perilaku anak di zaman sekarang. Pada saat ini, banyak  remaja yang terjerumus keluar syari’at dikarenakan pergaulan bebas. Salah satunya adalah pemanfaatan telepon genggam, karena sudah seperti benda yang wajib dimiliki, tak terkecuali anak-anak di bawah umur yang bahkan belum bisa membaca ataupun menulis, mereka sudah mengenal yang namanya telepon genggam. Adapu salah satu kontribusi pembentukan karakter dalam pelatihan ini adalah mengajarkan kepada santri, tentang bagaimana cara mengunakan handphone dengan benar, membekali siswa terkait dengan kenakalan remaja saat ini dan juga untuk mengajarkan kepada anak anak cara untuk mengkaji dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk pemanfaatan telepon genggam yang dilakukan pada pelatihan ini adalah sebagai sarana entrepreneur dan juga Al Qur’an yang menjadi pedoman dalam usaha. Santri bisa memanfaatkan fasilitas berbasis digital menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi hidupnya dan membangun jiwa Al Qur’an dalam hatinya.Kata Kunci: Pondok pesantren tahfidz, Era digital, Telepon genggam, Al-Qur’an, Entrepreneur
PENERAPAN APLIKASI PENGECEKAN KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL PADA PUSKESMAS BUNGUS BERBASIS WEB Sri Restu Ningsih; Rahmadini Darwas; Yessy Prima Putri; Rada Oktarina
Journal of Social Outreach Vol 1, No 1 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.293 KB)

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk menerapkan aplikasi kebutuhan gizi Ibu hamil berbasis web pada Puskesmas Bungus Kota Padang. Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil membutuhkan vitamin yang tepat, makanan yang cukup untuk tetap mempertahankan gizi selama proses kehamilan pada tri semester pertama dan seterusnya. Makanan dan gizi tambahan dibutuhkan agar janin yang berada dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang optimal dan ibu yang mengandung tetap terjaga nutrisinya dikarenakan berbagi dengan janin sehingga kebutuhan hamil dan janin dapat terpenuhi. Permasalahan yang terjadi adalah sering sekali ibu hamil mengeluh karena sulit untuk melakukan konsultasi gizi dan kurangnya tenaga Kesehatan juga menjadi sulitnya kegiatan di Puskesmas Bungus. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi kebutuhan gizi untuk ibu hamil. Aplikasi dibuat berbasis web dengan menggunakan PHP dan database MySQL. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah menerapkan aplikasi tentang pengecekan kebutuhan gizi untuk ibuk hamil kepada petugas kesehatan yang ada di Puskesmas Bungus Padang. Aplikasi tentang kebutuhan gizi untuk ibu hamil ini akan memudahkan masyarakat, terutama para ibu hamil untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan seputar masalah gizi kehamilannya.Kata Kunci: Aplikasi, Gizi, Ibu Hamil,MySQL, Web
PRAKTIK RUANG DAN PEMBANGUNAN DESA ADAT: PROYKESI KE SEBUAH MODEL Muliono Muliono
Journal of Social Outreach Vol 1, No 1 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.933 KB)

Abstract

Studi ini berupaya mendiskusikan praktik ruang dan pembangunan masyarakat desa di tengah kondisi kota-desa telah mengalami proses urbanisasi yang akselerasinya didorong oleh perkembangan teknologi mutkahir. Baik desa maupun kota, melalui teknologi ini, secara ruang terhubung satu sama lain dan mengarah kepada suatu tantangan untuk menciptakan kondisi yang relevan dan lebih layak dengan kehidupan masyarakat urban. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data diperoleh melalui serangkaian observasi, wawancara mendalam, dan focus group discussion. Dengan mengambil lokus di daerah Sumatera Barat sebagai area kajian dan sekaligus sebagai salah satu daerah lokal di Indonesia yang memiliki nilai kearifan kultural, studi ini mengulas bahwa proses urbanisasi berdampak signifikan terhadap perubahan pada lanskap kultur secara general dan fungsi-peranan institusi atau kelembagaan nagari secara khusus. Ini menjadi tantangan membangun nagari sebagai suatu ruang yang kompatibel dengan zaman modern tempat dimana masyarakatnya hidup (lived space) dan melakukan praktik ruang (spacial practice). Studi ini mengajukan gagasan nagari urban sebagai model untuk menjawab tantangan tersebut dan sebagai gerakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat urban secara berkelanjutan (sustainable development).Kata Kunci: Praktik Ruang, Pembangunan, Nagari Urban
SOSIALISASI LITERASI SAINS BERDASARKAN KERANGKA PISA UNTUK PARA PENDIDIK IPA DI INDONESIA Agung Mulyo Setiawan; Indra Fardhani; Yayuk Mulyati; Syahrul Chandra; Tri Wulandari; Safwatun Nida
Journal of Social Outreach Vol 1, No 2 (2022): Journal of Social Outreach
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.763 KB)

Abstract

Rendahnya hasil literasi sains siswa Indonesia menjadi sebuah masalah serius. Sebab bangsa Indonesia menempati urutan 70 dari 78 negara di dunia. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini yaitu memberikan sosialisasi literasi sains berdasarkan kerangka PISA untuk para pendidik IPA di Indonesia. Metode yang kami gunakan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap pelaporan dan publikasi. Hasil tahap persiapan yaitu jadwal, penanggung jawab kegiatan, materi yang disampaikan, dll. Kemudian hasil tahap pelaksanaan yaitu 72,5% peserta yang hadir adalah guru IPA SMP/MTs, 48,8% peserta merasa sangat puas dalam pelaksanaan sosialisasi, akan tetapi 49,8% peserta merasa cukup puas karena menginginkan durasi yang lebih lama. Selanjutnya hasil tahap pelaporan dan publikasi yaitu laporan sudah disusun dalam bentuk hardfile dan softfile, dan salah satu luaran publikasi media massa di laman ‘Tugu Malang’ berhasil dipenuhi dengan baik. Kata Kunci: Literasi sains, PISA, Pendidik IPA

Page 1 of 4 | Total Record : 40