Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola asuh orang tua terhadap siswasekolah dasar yang berkegiatan di TPA ALBA, (2) implikasi pola asuh orang tua terhadapprestasi akademik siswa sekolah dasar yang berkegiatan di TPA ALBA. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif kualitataif dengan menggunakan 6 subjek yang dipilih secarapurposive sampling pada siswa yang berkegiatan di TPA ALBA. Objek penelitian ini adalah polaasuh orang tua dan implikasinya terhadap prestasi akademik siswa. Teknik pengumpulandata yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yangdigunakan penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Hasil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pola asuh orang tuadengan jenis Authoritative memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak. (2)Pola asuh orang tua dengan jenis authoritative menjadi faktor sebagai peningkatan prestasiakademik siswa.
Copyrights © 2021