Scholarly Journal of Elementary School
Vol 1 No 01 (2021): Scholarly Journal of Elementary School

Analisis Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas vi Sdn 2 Worawari

Melinda Adi Tyaningrum (Unknown)
Suryatin Suryatin (Unknown)
Mega Isvandiana Purnamasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterampilan menulis deskripsi siswakelas VI SDN 2 Worawari; (2) kendala yang dihadapi siswa dalam menulis deskripsi. JenisPenelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genaptahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VI SDN 2 Worawari.Pengumpulan data menggunakan metode tes, dan wawancara. Keabsahan datamenggunakan triangulasi teknik. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Milesand Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis deskripsi siswakelas VI SDN 2 Worawari dengan kategori tinggi sebesar 26%, kategori sedang 39%, dankategori rendah 34%. Kendala yang dihadapi siswa dalam menulis deskripsi yaitu siswa merasakesulitan dalam menuangkan ide ke dalam bentuk kata atau kalimat, serta siswa merasakesulitan dalam menulis ejaan dan tanda baca yang yang benar dalam sebuah tulisan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sjes

Publisher

Subject

Arts Humanities Mathematics Other

Description

Scholarly Journal of Elementary School berfokus pada artikel ilmiah dengan scope penelitian di bidang pendidikan guru sekolah ...