Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan berkomunikasi melalui metodebercerita pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri I Punung secara deskriptif. Jenis penelitianini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek padapenelitian ini yaitu siswa kelas 5 SD Negeri 1 Punung yang berjumlah 5 siswa. Teknikpengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datamenggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1)pola komunikasi siswa kelas 5 SD Negeri 1 Punung cukup bagus. Hal tersebut dapat diuraikanbahwasannya siswa menggunakan kalimat yang santun ketika berkomunikasi dengangurunya. 2) Pada saat bercerita siswa menggunakan bahasa Indonesia dengan efisien danjelas. Pengolahan bahasanya pun cukup bagus dari segi kelancaran pengucapannya. 3) Faktorpenyebab siswa kesulitan berkomunikasi yang utama yaitu kurangnya pembiasaanberkomunikasi pada situasi formal. Kurangnya pembiasaan tersebut karena selama ini belumadanya pembelajaran khusus komunikasi yang masuk ke kurikulum. Hal ini menyebabkanmental/kepercayaan diri siswa tidak terasah yang berdampak pada kurangnya keberaniansiswa untuk menyampaikan pendapat di situasi formal.
Copyrights © 2021