JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2022): September 2022 - Februari 2023

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Dampak Model Pembelajaran ICM, CRH dan Curiosity

Lusi Anggraini (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Achi Rinaldi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Muhamad Syazali (Universitas Pertahanan)
Kenny Candra Pradana (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap interaksi antar model Pembelajaran Index Card Match, Course Review Horay, dan curiosity (rasa ingin tahu) terhadap pemahaman konsep matematis, serta perbedaan kemampuan konsep matematis berdasarkan tingkat curiosity. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan Desain Eksperimen Semu. Siswa SMP Negeri 01 Bunga Mayang kelas VIII sebagai sampel yang didapat menggunakan  teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan siswa yang mendapat model ICM, model CRH, dan model tradisional dalam memahami konsep matematika; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang rasa ingin tahunya rendah, sedang, dan tinggi; 3) Tidak terdapat interaksi antara curiosity dan model pembelajaran dengan kemampuan memahami konsep matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...