Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME)
Vol. 2 No. 1 (2023): April

The Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Matriks untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bukit Batu: Universitas Islam Riau

Ririn Dwi Sundari (Universitas Islam Riau)
Lilis Marina Angraini (Universitas Islam Riau)
Sari Herlina (Universitas Islam Riau)
Zetriuslita (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Purpose: This study aims to produce a mathematical learning tool in the form of implementation plans and student work sheets by using problem-based learning models to improve the ability to solve mathematical problems in number model materials for the eleventh grade Senior High School, which are valid, practical and effective. Methodology: The development model uses the ADDIE model. The data collection techniques used were the validation sheet, the response questionnaire and the test. Data analysis techniques used are validated, practical and effective. Findings: The average RPP validation was 100%, and 87.82 percent of these criteria are very valid. The average validation LKPD was 100% and 85,06% are very valid criteria. The average response rate of RPP teachers was 96.25 % of very practice, and the average response rate of students of LKPD was 87.10 %of very practice. The average score of N-gain is 91% effective. Significance: On the basis of this research, we obtained a problem-based learning model, Learning Implementation Plan (LIP) and Student Worksheet (SW), which improves the mathematical representation abilities of Bukit Batu Elementary School of 11th grade, which is very effective, practical and effective. So that learning devices can be used.   Abstrak Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Matriks Kelas XI IPA SMA yang valid, praktis dan efektif. Metodologi: Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi RPP dan LKPD, lembar angket guru dan lembar angket peserta didik, lembar soal pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; validasi dari 2 dosen dan 1 guru matematika, angket respon guru dan siswa dan hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi, kepraktisan dan keefektifan. Temuan: Dari hasil validasi RPP diperoleh rata-rata 100% dengan skala Guttman dikategorikan sangat valid dan 87,82% dengan skala Likert dikategorikan sangat valid. Hasil validasi LKPD diperoleh rata-rata 100% dengan skala Guttman dikategorikan sangat valid dan 85,06% dengan skala Likert dikategorikan sangat valid. Hasil angket respon guru diperoleh rata-rata 96,25% dikategorikan sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik diperoleh rata-rata 87,10% dikategorikan sangat praktis. Hasil rata-rata N-gain score sebesar 91% dengan kriteria tinggi dan dikategorikan efektif. Signifikan: Berdasarkan penelitian ini diperoleh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi matriks kelas XI IPA SMAN 1 Bukit Batu yang valid, praktis dan efektif. Sehingga perangkat pembelajaran layak untuk digunakan.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrsme

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME) is a journal to publish works in the form of research results, theoretical studies and review results that are original and have a novelty as a contribution to science in the scope of mathematics education, physics education, ...