Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana Pendidikan Keagamaan Buddha berciri kenusantaraan pada Lembaga Dharma Kalyana di Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif model studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wacana Pendidikan keagamaan Buddha berciri kenusantaraan di Lembaga Dharma Kalyana berupa pendidikan Keagamaan Buddha berasrama yang dipadukan dengan pendidikan formal di sekolah negeri dengan sistem beasiswa. Pengembangan diri dalam bidang keagamaan seperti puja bhakti dan meditasi terjadwal diselenggarakan untuk membentuk pribadi peserta didik yang berkualitas sesuai visi dan misi lembaga. Kegiatan berdiskusi menjadi kegiatan yang rutin dilakukan untuk membahas tema-tema keagamaan dan bahan pelajaran dari sekolah. Pembiasaan diri untuk merawat lingkungan dengan berkebun, kerja bhakti dan membaur dengan masyarakat sekitar menjadi ciri praktik nilai-nilai gotong royong dan kekeluargaan dalam komunitas yang berbeda latarbelakang dan asal usul daerah. Kegiatan karawitan dan menari tradisional sebagai sarana mengasah bakat dan minat terhadap budaya nusantara juga rutin dilakukan oleh peserta didik Lembaga Dharma Kalyana. Selain kegiatan akademik dan keagamaan, peserta didik didorong untuk aktif berorganisasi di sekolah dan di organisasi kepemudaan Buddhis. Model pendidikan keagamaan Buddha seperti ini hendaknya dapat menginspirasi dan dijalankan juga oleh lembaga keagamaan Buddha di daerah-daerah lain demi kemajuan generasi muda buddhis.
Copyrights © 2022