Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yaitu rendahnya minat menulis siswa terutama teks eksplanasi di SMA Negeri 1 Silaut, terbatasnya sumber belajar, serta pemahaman siswa mengenai kaidah menulis masih belum memadai. Penelitian ini memiliki tujuan secara umum, yaitu mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silaut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen dengan rancangan quasi eksperimental design yaitu nonequevalen control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling, dengan data sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIA 1 dan XI MIA.2 yang berjumlah 67 orang siswa. Data penelitian berupa skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silaut. Berdasarkan hasil analisis data keterampilan menulis teks ekplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silaut dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silaut, karena t hitung > t tabel (4,67 > 2,000) yang berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Copyrights © 2023