JASc (Journal of Agribusiness Sciences)
Vol 7, No 1 (2023): "JASc" JOURNAL OF AGRIBUSINESS SCIENCES

Pengaruh Store Atmosphere dalam Menciptakan Emosi yang Positif : Kasus Konsumen Café Cokelat Klasik di Kota Malang

Dian Retno Intan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Yessy Olivia Herlis (Universitas Brawijaya)
Litna Nurjannah Ginting (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Pesatnya pertumbuhan industri yang sejalan dengan peningkatan persaingan dalam industri membuat pengusaha harus mengetahui jenis proses pemecahan masalah yang digunakan konsumennya untuk membuat keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dalam menciptakan emosi konsumen. Lokasi penelitian adalah Café Cokelat yang terdapat di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan kepada 170 pengunjung cafe dengan metode consumer intercept surveys. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian menujukkan bahwa store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi. Artinya semakin tinggi dan bagus rancangan store atmosphere maka akan memperbaiki emosi yang dirasakan konsumen. Indikator dalam store atmosphere yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen adalah layout café. Pemilik atau pengelola café sangat perlu mempelajari dan mempertimbangkan kemudahan, keteraturan dan aksesibilitas konsumen dalam penataan interior dan penempatan bagian-bagian café agar menciptakan store yang positif sehingga menimbulkan emosi positif bagi konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JASc

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

"JASc" JOURNAL OF AGRIBUSINESS SCIENCES adalah publikasi ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ataupun review yang dirancang sebagai sarana komunikasi untuk para ilmuwan/peneliti yang terkait dengan bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi ...