Pesatnya pertumbuhan industri yang sejalan dengan peningkatan persaingan dalam industri membuat pengusaha harus mengetahui jenis proses pemecahan masalah yang digunakan konsumennya untuk membuat keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dalam menciptakan emosi konsumen. Lokasi penelitian adalah Café Cokelat yang terdapat di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan kepada 170 pengunjung cafe dengan metode consumer intercept surveys. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian menujukkan bahwa store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi. Artinya semakin tinggi dan bagus rancangan store atmosphere maka akan memperbaiki emosi yang dirasakan konsumen. Indikator dalam store atmosphere yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen adalah layout café. Pemilik atau pengelola café sangat perlu mempelajari dan mempertimbangkan kemudahan, keteraturan dan aksesibilitas konsumen dalam penataan interior dan penempatan bagian-bagian café agar menciptakan store yang positif sehingga menimbulkan emosi positif bagi konsumen.
Copyrights © 2023