JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 5, No 2 (2023): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Performa Produksi Ayam Kampung Super yang Diberi Tepung Kulit Buah Naga(Hylocereus undatus)

Muhamad Rajab (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)
Astriana Napirah (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)
La Ode Nafiu (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performan produksi ayam kampung super yang diberi tepung kulit buah naga fementasi dan bisa menjadi acuan masyarakat dalam memelihara ayam kampung super. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 ekor ayam kampung berumur ± 4 bulan. Variabel yang diamati dalam penelitian ini berupa konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, dan konversi pakan. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan rancangan acak lengkap yang meliputi 4 perlakuan dan 5 ulangan sehingga terdapat 20 unit satuan percobaan. Pemberian tepung kulit buah naga fermentasi yang dicampur dalam pakan terdiri dari: kontrol tanpa tepung kulit buah naga fermentasi (P0), 4% tepung kulit buah naga fermentasi dalam pakan (P1), 6% tepung kulit buah naga fermentasi dalam pakan (P2), 8% tepung kulit buah naga fermentasi dalam pakan (P3). Berdasarkan hasil penelitan diperoleh kesimpulan bahwa pemberian tepung kulit buah naga fermentasi hingga 8% di dalam pakan tidak menunjukkan pengaruh nyata terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, dan konversi pakan ayam kampung super. Kata kunci : Ayam Kampung Super, Performa, Tepung Kulit Buah Naga Fermentasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...