JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 5, No 2 (2023): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Kadar Kolestrol, Glukosa dan Asam Urat Ayam Broiler yang Diberi Tepung Daun Ubi Jalar Fermentasi

Predy Sujanata (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andonohu Jl. H.E.A. Mokodompit, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232)
Yamin Yaddi (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andonohu Jl. H.E.A. Mokodompit, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232)
Rusli Badaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Abstrak. Kebutuhan daging ayam setiap tahun mengalami peningkatan, karena harga yang relatif terjangkau. Broiler adalah jenis unggas yang memiliki laju pertumbuhan yang sangat cepat, karena dapat dipanen dalam rentang waktu yang cukup pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kadar kolestrol, glukosa dan asam urat ayam broiler yang diberi tepung daun ubi jalar fermentasi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dan 4 ulangan, setiap ulangan terdiri dari 5 ekor ayam broiler. Perlakuan yang diberikan meliputi pemberian tepung daun ubi jalar fermentasi dalam pakan yaitu: P0: Ransum basal, P1: Ransum basal + tepung daun ubi jalar fermentasi 5 %, P2: Ransum basal + tepung daun ubi jalar fermentasi 10 %, P3: Ransum basal + tepung daun ubi jalar fermentasi 15 %, Variabel yang diamati meliputi  kadar kolestrol, glukosa dan asam urat ayam broiler. Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalis secara sidik ragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung daun ubi jalar fermentasi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap        kolesterol, asam urat dan glukosa darah ayam broiler.Kata kunci: Kadar Kolestrol, Glukosa, Asam Urat, Ayam Broiler, Tepung Daun Ubi Jalar, Fermentasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...