Bajra : Jurnal Keolahragaan
Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023

PELATIHAN MENITI PAPAN JARAK 5 METER 6 REPETISI 2 SET TERHADAP KESEIMBANGAN TUBUH

I Wayan Cita Witarsa (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Ida Ayu Kade Arisanthi Dewi (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Maryoto Subekti (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Ketut Sumerta (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Gusti Putu Ngurah Adi Santika (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Dimas Aditya Pangestu (KONI Provinsi Bali)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari pelatihan meniti papan jarak 5 meter 6 repetisi 2 set terhadap keseimbangan tubuh siswa SMP Negeri 3 Ubud. Penelitian dilakukan dikarenakan berdasarkan hasil observasi terhadap keseimbangan tubuh siswa SMP Negeri 3 Ubud melalui Blind Stork Balance Test bahwa kondisi keseimbangan tubuh siswa berada pada kondisi kurang. Sampel penelitian berjumlah 26 orang yang terbagi ke dalam kelompok perlakuan dan kontrol. Sampel diperoleh dari penggunaan rumus pocock yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan meniti papan jarak 5 meter 6 repetisi 2 set meningkatkan keseimbangan tubuh dengan peningkatan rerata keseimbangan tubuh 15,18 detik atau meningkat 206,8%. Keseimpulan dari penelitian adalah pelatihan meniti papan jarak 5 meter 6 repetisi 2 set terbukti meningkatkan keseimbangan tubuh siswa SMP Negeri 3 Ubud.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Bajra : Jurnal Keolahragaan adalah jurnal keolahragaan yang dikelola oleh bidang penelitian dan pengembangan KONI Provinsi Bali. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan April dan September. Memuat tulisan berbahasa Indonesia maupun Inggris yang berasal dari hasil penelitian, kajian ...