QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 14, No 1 (2023): April 2023

ANALISIS BIBLIOMETRIK: TREN PENELITIAN BERPIKIR KREATIF

Nurul Huda (MA Al-Irsyad Kandangan)
Misbah Misbah ([Scopus ID: 57195480182] Physics Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)
Sarah Miriam (Physics Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)
Muhdi Harto (SMA Negeri 1 Banjarmasin)
Rusmansyah Rusmansyah (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Abdul Hamid (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Nurlaela Muhammad (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian terkait Creative Thinking sudah banyak dilakukan beberapa tahun belakangan ini, maka agar mendapatkan pandangan yang menyeluruh terkait Creative Thinking Skills dan memahami trend penekanan penelitian pada masa sekarang. Penelitian ini digunakan untuk mengevaluasi tema yang paling relevan terkait dengan Creative Thinking Skills berbasis analisis bibliometrik, dengan input menggunakan kata kunci “Creative Thinking Skills” OR “Creative Thinking”. Data yang digunakan berbasis database Scopus karena  perangkat lunak VOSviewer versi 1.6.18 yang diadopsi sebagai alat analisis bibliometrik untuk memvisualisasikan jaringan berupa penulis, negara, jurnal, dan kata kunci. Analisis yang dilakukan pada 1 Agustus 2022 menemukan total 96 dokumen dalam periode dari tahun 2013 hingga 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir jumlah publikasi tentang Creative Thinking mengalami naik turun secara periodik, tetapi mengalami publikasi tertinggi pada tahun 2017 sebanyak 17 dokumen. Indonesia adalah negara terproduktif di bidang publikasi Creative Thinking, menyumbang jumlah publikasi terbesar di dunia. Analisis kata kunci menunjukkan bahwa studi tentang Creative Thinking dalam dua dekade terakhir berfokus pada tema yang terkait 21st century skills, higher order thinking skills, thinking skills, pollution, sampling technique, experimental research, research instrumen, gender, dan literature reviews. Analisis bibliometrik yang disajikan memberikan informasi yang relevan tentang tema utama yang dipelajari terkait Creative Thinking.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...