QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 14, No 1 (2023): April 2023

PENGEMBANGAN CHEMISTRY LEARNING WEBSITE PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR

Lenni Khotimah Harahap (UIN Walisongo Semarang)
Isti Faniyah (UIN Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Abad 21 yang sangat terkenal dengan istilah dunia teknolgi industri telah memberikan tuntutan kepada semua bidang dan pihak agar dapat berinovasi, masif dan dapat memanfaarkan teknologi dengan baik. Dalam bidang pendidikan, digital-age atau masa digital dalam dunia pendidikan menuntut kualitas pembelajaran yang harus meningkat dengan pemanfaatan media digital sebagai upaya mendapatkan informasi keilmuan agar dapat mencapai tujuan pembalajaran yang diharapkan. Media digital mampu membantu menyajikan materi pembelajaran secara kontekstual maupun audio visual sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik, interaktif dan partisipatif. Peneliti memiliki tujuan yaitu menilai kebutuhan, kelayakan serta respon mahasiswa terhadap chemistry learning website pada pembelajaran kimia, Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang diharapkan menghasilkan produk yang berkualitas dan baik. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa pendidikan kimia yang menempuh mata kuliah kimia dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran chemistry learning website yang dikembangkan layak/valid untuk digunakan dengan nilai valid oleh ahli materi sebesar 0,84 dan ahli media sebesar 0,85 serta angket respon yang disebarkan diperoleh bahwa kriteria keidealan media dinyatakan sangat baik dengan skor rerata akhir (x) sebesar 38,6.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...