Kurangnya perhatian terhadap pengelolaan sampah organik dan metode pembelajaran yang terbatas seperti berbasis ceramah telah mengakibatkan pengelolaan sampah organik yang kurang optimal dan kurangnya minat mahasiswa untuk membuat proyek profil Pancasila, terutama dalam pengelolaan sampah organik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas kinerja mahasiswa dan dosen sebagai peneliti serta mendeskripsikan proses pengolahan sampah organik menjadi barang yang mempunyai nilai jual sebagai solusi menghadapi era Society 5.0 dengan strategi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan minat aktivitas mahasiswa dalam mengolah sampah organik menjadi barang eccoprint. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif berdasarkan keaktifan mahasiswa dalam mengelola sampah organik yang memiliki nilai sebagai solusi menghadapi era Society 5.0 sebagai wujud proyek penguatan profil mahasiswa di STKIP Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan minat mahasiswa dalam pengolahan sampah organik menjadi barang eccoprint. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan minat dan kinerja mahasiswa dalam mengolah sampah organik menjadi barang dengan nilai jual, sekaligus mengurangi jumlah sampah organik yang tidak terkelola. Hal ini dapat menjadi solusi menghadapi tantangan Society 5.0 yang membutuhkan inovasi dan kreativitas dalam menyelesaikan masalah lingkungan.
Copyrights © 2023