EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2023)

KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERORIENTASI PISA KONTEN QUANTITY

Sufri Mashuri (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Risnanang Kurniawan (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Jahring Jahring (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berorientasi PISA konten quantity. Penelitian ini melibatkan 14 orang siswa kelas VIII SMP IT Wihdatul Ummah Kolaka sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa dan wawancara untuk menggali informasi mendalam terhadap hasil tes. Berdasarkan teknik analisis data yang digunakan, diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berorientasi PISA konten quantity pada indikator merumuskan masalah secara sistematis level 1 dan 2 berada pada kriteria sedang dengan persentase 41%, hal ini dikarenakan siswa kurang mampu mengolah informasi pada soal. Pada indikator menalar level 3 dan 4 berada pada kriteria rendah dengan persentase 32,1%, hal ini dikarenakan siswa tidak mampu menalar dengan logis dan tepat untuk mengerjakan soal, dan pada indikator memecahkan masalah level 5 dan 6 berada pada kriteria kurang dengan persentase 24,3%, hal ini dikarenakan siswa tidak mampu membuat generalisasi yang tepat untuk mengerjakan soal. Kata kunci: literasi matematis, PISA, konten quantity Abstract: This research is a descriptive research that aims to describe students' mathematical literacy ability in solving PISA-oriented questions with quantity content. This study involved 14 eighth grades students of SMP IT Wihdatul Ummah Kolaka as research subjects. The data collection technique was done by using tests and interviews. Based on the data analysis technique used, it was found that the mean mathematical literacy ability of students in solving PISA-oriented questions, the content quantity on the indicators of systematically formulating problems level 1 and 2 was at moderate criteria with a percentage of 41%, because students were less able to process information on questions. In the level 3 and 4 reasoning indicators are low criteria with a percentage of 32.1%, because students are not able to reason logically and correctly to work on questions, and on the indicators of solving problems levels 5 and 6 are in less criteria with a percentage of 24, 3%, because students are not able to make correct generalizations to work on problems. Keywords: mathematical literacy, PISA, quantity content

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...