Pendampingan belajar melalui bimbingan belajar merupakan proses pemberian bantuan, baik individu maupun kelompok oleh seorang atau lebih pembimbing yang memiliki keahlian dalam menentukan pilihan, penyesuaian serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan perubahan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman maupun rangsangan. Akan tetapi, tidak semua anak bisa mengikuti bimbingan belajar. Hal tersebut terjadi di Desa Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo yang jauh dari pusat perkotaan serta mahalnya biaya bimbingan belajar yang ada. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan analisis SWOT, dengan tahapan: persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Sasaran kegiatan ini adalah siswa di RT 07/RW 01 Desa Tebel, Tebel Barat, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo. Jumlah siswa adalah kelas I sampai kelas VI di Rumah Belajar “Anak Sholehâ€. Adapun yang membimbing yaitu dosen program studi PAI, Pendidikan Dasar (Bahasa Indoneisa, IPA, IPS, PKN, Matematika). Pembimbing melaksanan peran untuk membimbing sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hasil kegiatan ini yaitu Pertama, meningkatnya prestasi belajar siswa; Kedua, bertambahnya minat belajar siswa; Ketiga, menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Faktor pendukung dari kegiatan ini adalah terjalinnya hubungan yang harmonis antara pembimbing dengan pihak sekitar serta kemauan siswa yang tinggi untuk memperdalam konsep. Adapun faktor penghambatnya adalah siswa melakukan bimbingan hanya ketika mendapatkan tugas dari sekolah, cuaca, jarak rumah yang jauh tidak bisa mengikuti bimbingan secara rutin.
Copyrights © 2023