Jurnal Keperawatan
Vol 15 No 3 (2023): Jurnal Keperawatan: September 2023

Pengaruh Discharge Planning Pada Pasien Stroke: A Systematic Review

Muhammad Basuni (Rumah Sakit Angkatan laut Dr. Oepomo)
Yurike Septianingrum (Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Lono Wijayanti (Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Umdatus Sholeha (Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Siti Nur Hasina (Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Jl. Smea No.57, Wonokromo, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60243, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2023

Abstract

Stroke adalah salah satu penyakit yang bisa menimbulkan kecacatan yang permanen, sangat memerlukan bantuan khusus dalam melakukan suatu kegiatan terlebih lagi pada pasien yang baru saja keluar dari rumah sakit, tentunya peran   perawat   dan   keluarga   atau   orang terdekat pasien yang memiliki pengetahuan tentang penyakit, cara tindakan serta perawatan pasien jangka panjang agar dapat mengajarkan atau menginformasikan keluarga pasien, sehingga mereka siap untuk melakukan perawatan jangka panjang kepada pasien stroke  dirumah  nantinya sehingga diperlukan discharge planning atau Perencanaan pulang dapat menjadi bagian penting dari perawatan pasien stroke selama masa pasca rawat inap. Pentingnya discharge planning pasien stroke serta membantu pasien dan keluarganya untuk memahami serta membantu pelatihan mencegah stroke ulang dan meningkatkan kemampuan fungsional pasien, tim medis multidisiplin dan program rehabilitasi yang holistik untuk memastikan pasien stroke mendapat perawatan terbaik. Pencarian artikel dilakukan di database elektronik termasuk Google Scholar, Pubmed, Klinical key, dan Science Direct. Kata kunci yang digunakan adalah Stroke OR “cerebro vaskular accident” DAN“ Discharge Planning atau Discharge, Patient atau Discharges, Patient atau Patient Discharges atau Discharge Plannings atau Planning Discharge atau Plannings, Discharge ” DAN “Effect” atau “Pengaruh”. Kriteria pemilihan artikel 1)terbitan tahun 2018-2023 2)fulltext 3)artikel berbahasa Inggris 4)studi RCT atau studi percobaan. Artikel dipilih sesuai dengan kriteria, didapatkan total 8 dari 38 artikel tercapai artikel menggunakan PRISMA.  Dengan  adanya hal tersebut, maka dilakukan studi ini yang bertujuan untuk untuk menyiapkan keluarga dalam melakukan perawatan pasien agar pasien mengalami peningkatan kesehatan, terhindar dari komplikasi atau rawat inap ulang akibat penyakit stroke. Metode: digunakan metode dengan studi literatur menggunakan tinjauan sistematis dan meta-analisis (PRISMA), sebagai standar digunakan untuk melakukan tinjauan sistematis. Hasil: Setelah dilakukan pembahasan pada ke-8 artikel tersebut didapatkan bahwa pengaruh discharge planning   sangat   baik, kesiapan dan dukungan keluarga untuk mengasuh pasien stroke akan menimbulkan dampak memperbaiki kualitas hidup serta aktifitas sehari hari pasien stroke yaitu dapat meningkatkan aktifitas, mencegah komplikasi penyakit dan kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat dan rutin menjalankan kontrol penyakitnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

keperawatan

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal keperawatan (JK) merupakan bagian integral dari jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKES Kendal. JK merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi keperawatan. JK menerbitkan artikel-artikel yang merupakan hasil penelitian, studi kasus, hasil ...